Jakarta (ANTARA News) - Anggota TNI Angkatan Darat bersama petugas kebersihan dan warga DKI Jakarta bergotong-royong membersihkan Sungai Ciliwung untuk mencegah banjir pada Kamis.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) tiba di lokasi titik kumpul di pelataran Mall Seasons City, Jakarta Barat, sekitar pukul 08.15 WIB, sementara para personel TNI, petugas kebersihan dan masyarakat telah siap.

"Ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih mencintai kebersihan lingkungan," kata Jokowi sebelum memulai kegiatan pembersihan Sungai Ciliwung.

Jokowi meminta warga tidak lagi membuang sampah ke sungai supaya sungai tetap bersih dan tidak terjadi banjir.

Menurut Asisten Teritorial KASAD Mayjen Meris Wiryadi, sebanyak 4.500 personil TNI Angkatan Darat, sekitar 2.500 warga dan 500 petugas Dinas Kebersihan terlibat dalam aksi bersih-bersih sungai itu.

Sebanyak 40 unit truk sampah enam roda, lima unit truk sampah 10 roda, 40 unit germor, dua unit toilet VIP dan empat unit exavator ditempatkan di Manggarai, Pesing, Pluit dan Perintis Kemerdekaan untuk mendukung kegiatan itu.

Kegiatan bersih-bersih Ciliwung dilakukan di empat sektor. Sektor 1 dari Pintu air Manggarai hingga Fly Over KS Tubun, Sektor 2 dari Fly Over KS Tubun hingga Jembatan Jeling Roxy, Sektor 3 dari Jembatan Roxy hingga Jembatan Kali Jodo 2 dan Sektor 4 dari Kali Jodo 2 hingga Pluit.

"Ini merupakan langkah antisipasi memasuki musim hujan dan menghadapi ancaman banjir di Ibu Kota, sekaligus menyadarkan masyarakat supaya tidak membuang sampah sembarangan," kata Meris.

Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2013