Jakarta (ANTARA News) - PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta hari ini memulai persiapan pembangunan sarana transportasi massal MRT untuk koridor Sisingamangaraja-Sudirman. 

Persiapan tersebut berupa penebangan dan relokasi pohon di sepanjang jalur pemisah antara jalur lambat dan jalur cepat di koridor tersebut mulai 15 November hingga 23 Desember 2013.

Pekerjaan tersebut dimulai dari jalur transisi di ujung jalan Sisingamangaraja dekat Monumen Pemuda Membangun sampai wilayah Setiabudi Jalan Jenderal Sudirman.

"Pekerjaan ini dilakukan untuk menyiapkan lokasi sebelum dilakukannya pembongkaran jalur hijau untuk pelebaran jalan, pelaksanaan kegiatan Test Pit, serta relokasi utilitas," kata Direktur Utama PT MRT Jakarta Dono Boestami dalam rilis yang diterima Antara, Jumat.

Menurut Dono, penebangan dan relokasi pohon juga dilakukan sebagai bentuk persiapan relokasi Halte Bus Transjakarta dan pengerjaan struktur permanen (Stasiun Bawah Tanah) yang akan dilaksanakan pada kwartal pertama 2014.

Dia menuturkan titik-titik yang perlu menjadi perhatian bagi masyarakat pengguna Jalan Sudirman adalah Jalur transisi di ujung jalan Sisingamangaraja menuju Jalan Sudirman, lokasi depan Ratu Plaza, depan Istora, Bendungan Hilir, serta Setiabudi.

"Karena pekerjaan ini berdampak pada lalu lintas, kita melakukannya di malam hari, ketika kondisi jalanan tidak terlalu padat. Namun, kita tetap melakukan rekayasa lalu lintas dengan koordinasi Dinas Perhubungan DKI dan Ditlantas Polda Metro Jaya," ujar Dono.

Untuk menghindari dampak yang luas terhadap lalu lintas di Jalan Sudirman, pekerjaan tersebut akan dilakukan pada malam hari mulai pukul 22.00 WIB sampai dengan pukul 05.00 WIB.

Lalu, untuk pekerjaan yang dilakukan di lajur Bus Transjakarta, pekerjaan dimulai pada pukul 23.00 sampai pukul 05.00 WIB setiap hari. Kecuali hari Minggu, pekerjaan akan diakhiri pada pukul 04.00 WIB agar tidak mengganggu pelaksanaan Car Free Day yang dilakukan setiap hari Minggu di lokasi tersebut.

"Kami menghimbau kepada para pengguna Jalan Sudirman yang melintas pada waktu pelaksanaan pekerjaan tersebut agar tetap berhati-hati dan mematuhi rambu-rambu serta arahan dari petugas lalu lintas di lokasi itu," tambah Dono.

Pewarta: Rr Cornea Khairany
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2013