Teheran (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov akan tiba di Jenewa untuk ambil bagian dalam pembicaraan yang sedang berlangsung antara Iran dan perwakilan P5+1.

"Kunjungan Lavrov ke Jenewa telah ditentukan," kata seorang sumber yang dekat dengan perundingan itu kepada ISNA, Jumat.

Kunjungan Menteri Luar Negeri Rusia akan memfasilitasi proses pembicaraan, kata sumber itu, dan menambahkan bahwa Lavrov berencana untuk bertemu dengan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif.

Meskipun perundingan hari pertama dan kedua antara Iran dan lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB (Amerika Serikat, Inggris, Prancis, China, Rusia) plus Jerman berlangsung sulit, tetapi hari ketiga perundingan dimulai pada iklim yang positif.

Sebelumnya Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif menegaskan hak pengayaan (uranium) negaranya dan mengatakan, "program pengayaan Iran merupakan masalah prioritas yang mencakup penyelesaian utama dalam setiap pembicaraan dan solusi."

Iran telah memasuki pembicaraan serius untuk mencapai hasil yang bermanfaat, kata Zarif, dan menambahkan negara-negara telah mencapai kemajuan yang cukup besar, namun masih ada perbedaan-perbedaan di antara kedua sisi.

"Saya berharap kami bisa mendapatkan hasil yang bagus," kata Mohammad Javad Zarif menambahkan.


(H-AK)


Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2013