Jakarta (ANTARA News) - Kontingen Duta Seni Budaya SMA Negeri 3 Jakarta yang mengikuti Mersin Citrus Festival 2013 di Mersin, Turki pada 15--20 November 2013 tampil memukau setelah mempertunjukkan tiga tarian dinamis meliputi tari Ratoeh Jaroe, tari Tarek Pukat dan tari Giring-Giring.

"Penampilan tarian tersebut sangat memukau para penonton dan mendapat sambutan yang sangat meriah ketika kontingen Indonesia melakukan pertunjukan di panggung festival," kata pengurus Sanggar Swarna Nusantara,Afrizal Akmal kepada Antara di Jakarta, kemarin.

Menurut Afrizal Akmal, festival ini diselenggarakan pemerintah Provinsi Mersin. Mersin merupakan ibu kota Provinsi Mersin yang terletak pinggir laut Mediterania.

Provinsi itu merupakan penghasil jeruk yang terbesar di Turki dan festival ini diselenggarakan setiap tahun dalam rangka merayakan Panen Raya Jeruk. Festival di Mersin juga menjadi agenda kegiatan tahunan dari KBRI Ankara.

Afrizal mengatakan Kepala SMA Negeri 3 Jakarta, Ketut Diah Chaerani dan Ketua Parents Team Armaya sangat mendukung pelaksanaan misi budaya ini sebagai peranan nyata SMA Negeri 3 Jakarta untuk memperkenalkan seni budaya tradisional Indonesia di dunia internasional.

Keikutsertaan kontingen SMA Negeri 3 Jakarta ini yang berjumlah 24 orang, terdiri atas 21 penari dan pemusik serta 3 ofisial. dikoordinasikan oleh Dina Bayundani pimpinan Sanggar Swarna Nusantara-Jakarta.

Festival ini dihadiri oleh peserta dari 29 negara. Minister counselor, fungsi Pensosbud KBRI Ankara,Robertus Irawan menyatakan apresiasi kepada kontingen SMA Negeri 3 Jakarta dan turut hadir menyaksikan penampilan kontingen Indonesia di Mersin. Duta Besar Indonesia untuk Turki Nahari Agustini, memberikan sertifikat penghargaan kepada kontingen SMA Negeri 3 Jakarta.

Pada 21 November 2013, kontingen melakukan kunjungan ke Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Istanbul serta bertemu dengan Konjen Abdullah Hariadi Kusumaningprang. Kontingen juga akan melakukan lawatan ke tempat-tempat bersejarah di Istanbul dan akan kembali di Jakarta pada 24 November 2013.(*)

Pewarta: Mohammad Anthoni
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2013