Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi VII DPR Dyah Roro Esti menekankan pentingnya sektor ekonomi hijau di forum internasional Global Parliamentary Forum 2024 sebagai rangkaian World Bank (WB) & International Monetary Fund (IMF) Spring Meetings di Washington DC, AS.

"Sektor hijau merupakan sektor baru yang dapat menampung banyak pekerjaan," sebut Roro Esti saat acara Global Young MP Initiative, yang mengusung tema "Planting Seeds of Growth: Creating Green Jobs for Young People and the Planet", Selasa (16/4/2024).

Dalam keterangannya yang dikutip di Jakarta, Jumat, Roro Esti memandang peran penting pemerintah serta organisasi-organisasi dunia seperti World Bank dalam menumbuhkan sektor hijau.

Politisi muda tersebut mengambil contoh kesuksesan proyek panel surya di Bangladesh sebagai salah satu kegiatan, yang menyerap banyak lapangan pekerjaan dan secara bersamaan berkontribusi pada penyelesaian permasalahan iklim dunia.

Roro Esti, yang juga menjabat sebagai Steering Committee mewakili East Asia and Pacific dalam Global Young MP Initiative itu, mengatakan sebagai negara dengan proyeksi bonus demografi yang cukup besar, saat ini semakin banyak anak muda Indonesia dalam posisi mencari pekerjaan.

"Hal ini merupakan isu penting dan perlu diantisipasi. Adanya sektor hijau akan berdampak pada kebutuhan tenaga kerja baru, sehingga bonus demografi dapat teratasi dengan peluang kerja baru yang lebih luas," ungkapnya.

Dalam pandangannya, Roro Esti juga melihat kesulitan dari populasi muda mendapatkan pekerjaan, maka setiap negara dengan demografi yang muda seperti Indonesia harus bisa mengantisipasi dan memperbaiki kondisi lapangan pekerjaannya.

Ajang internasional tersebut menghadirkan anggota parlemen muda dunia untuk terlibat dengan pimpinan World Bank serta para pemimpin dunia mengenai masa depan lapangan pekerjaan dari perspektif ekonomi hijau untuk mengakhiri kemiskinan ekstrem dan meningkatkan kesejahteraan serta kemakmuran masyarakat dunia.

Baca juga: RI dukung aksi iklim dan reformasi ekonomi untuk masa depan hijau
Baca juga: PLTS atap, transisi menjanjikan di wilayah terpencil
Baca juga: Roro Esti sebut pentingnya regenerasi petani

 

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2024