New York (ANTARA News) - Patung burung piranti utama film thriller detektif klasik tahun 1941 "The Maltese Falcon" terjual seharga hampir 4,1 juta dolar dalam lelang di New York, kata balai lelang Bonhams.

Patung itu, yang memiliki berat 20 kg dan tinggi 30 cm serta merupakan piranti utama dalam film dengan aktor Humphrey Bogart tersebut, menduduki peringkat teratas dalam penjualan Bonhams pada Senin, lapor Reuters.

"Harga yang spektakuler itu mencerminkan signifikansi luar biasa dari patung itu. Patung burung elang Malta itu bisa dibilang piranti film yang paling penting yang pernah dan menjadi bagian penting dari sejarah perfilman," kata Catherine Williamson, direktur memorabilia hiburan di Bonhams, dalam sebuah pernyataan.

Penjualnya adalah seorang individu swasta yang membeli piranti itu di tahun 1980-an, namun identitasnya tidak diungkapkan.

Patung itu adalah satu-satunya piranti yang dikonfirmasi digunakan dalam film tersebut dan dididentifikasi dengan bulu ekor yang bengkok, kata Bonhams. Dalam pengambilan gambar aktris Lee Patrick menjatuhkan patung itu saat menyerahkannya kepada Bogart. Kerusakan itu terlihat pada akhir film.

Film tersebut berkisah tentang Bogart yang berperan sebagai detektif Sam Spade yang menyelidiki kasus yang melibatkan perburuan tiga penjahat atas patung elang yang bertahtakan batu mulia bernilai tinggi.

Barang-barang penting lainnya dalam penjualan Senin hanya menghasilkan pendapatan total di bawah 6 juta dolar termasuk Buick Phaeton dari film "Casablanca" pada 1940, yang terjual seharga 461 ribu dolar, dan topi Givenchy yang dikenakan oleh aktris Audrey Hepburn dalam film "Funny Face" yang terjual seharga 87.500 dolar, empat kali lebih tinggi dari perkiraan semula.


Penerjemah: Gusti Nur Cahya Aryani

(Uu.SYS/C/G003/B/B002) 27-11-2013 23:32:21

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2013