Jakarta (ANTARA News) - Benfica yang dini hari tadi bertandang ke Stadion Constant Vanden Stock di Belgia, memelihara peluangnya untuk bisa mendampingi Paris St Germain ke babak knockout Liga Champions musim ini.

Hasil penting diraih Benfica setelah menang 3-2 dari penjamunya Anderlecht melalui pertandingan seru yang berlangsung imbang, baik dari penguasaan bola maupun menciptakan peluang.

Chancel Mbemba mungkin akan lama menyesali dirinya setelah menciptakan gol ke gawang sendiri yang jika tak terjadi mungkin akan membalikkan nasib Anderlecht.

Mbemba sendiri yang membuat Anderlecht unggul lebih dulu pada menit 18.

Pemain berusia 19 tahun ini berhasil melewati hadangan Luisao dan mengakhiri giringan bolanya dengan tendangan menyusur yang tak terjangkau kiper Artur.

15 menit kemudian Benfica menyamakan kedudukan lewat tandukan Nemanja Matic yang menyambut sebuah tendangan penjuru, dan sundulan ini gagal dijangkau kiper Silvio Proto.

Memasuki babak kedua, pada menit 52, Mbemba malah mengantarkan timnya berbalik tertinggal dengan menciptakan gol bunuh diri setelah luncuran bola yang dilepaskan pemain Benfica Nicolas Gaitan membentur badannya untuk masuk ke gawang timnya sendiri.

Tapi pada menit 77, Bruno menaikkan lagi keyakinan Anderlecht setelah menciptakan gol penyama kedudukan.

Anderlecht sepertinya akan bisa memetik satu poin di kandangnya sendiri, namun tepat menit 90, Benfica mengubur mimpi itu.

Rodrigo menciptakan gol penentu kemenangan Benfica yang adalah gol pertamanya di ajang Liga Champions.

"Adalah penting untuk menang, namun kedua tim telah bermain dengan tujuan itu.  Untungnya, Rodrigo memberi kami tiga poin pada menit-menit terakhir. Kami yakin kami bisa berlanjut ke babak selanjutnya, kendati kami tergantung pada (pertandingan klub) lainnya," kata Nicolas Gaitan seperti dikutip uefa.com.

Benfica pun memelihara asa lolos ke 16 Besar Liga Champions musim ini dan bersaing dengan Olympiakos dengan sama-sama mengemas tujuh poin. Namun Benfica lebih berpeluang lolos karena unggul head to head dari Olympiakos. 

Sementara itu Anderlecht harus rela terhenti perjalanannya di Liga Champions.

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2013