Washington, D.C (ANTARA News) - Bayi panda yang lahir di Kebun Binatang Nasional Smithsonian, Amerika Serikat, resmi diberi nama Bao Bao.

Mei XIang, sang induk, melahirkan Bao Bao pada 23 Agustus.

Mengikuti tradisi China, bayi panda baru diberi nama ketika berusia 100 hari.Bao Bao dalam bahasa China berarti "harta karun" atau "berharga".

Lebih dari 123.000 orang berpartisipasi dalam jajak pendapat untuk nama hewan itu.

Ibu Negara AS Michelle Obama memuji keberhasilan Kebun Binatang Smithsonian membiakkan panda.

"Panda seperti ini punya sejarah yang lama din sini, di Washington. Ibu Negara Pat Nixon saat itu yang membantu memulai diplomasi panda," kata Obama melalui pesan video, seperti yang dikutip dari laman Live Science.

Michelle Obama menyebut panda sebagai "simbol hubungan yang berkembang antar dua negara" dan memuji "riset biologi dan ekoloi luar biasa" yang merupakan kolaborasi ilmuwan China dan Amerika untuk konservasi panda.

HIngga 22 November, panda itu berbobot 4,9 kilogram. Menurut petugas kebun binatang, Mei Xiang dan Bao Bao akan dipamerkan setelah liburan. Saat ini mereka bisa dilihat melalui kamera yang ada di tempat itu.

Selain Smithsonian, Kebun Binatang Atlanta tahun ini juga mendapat bayi panda. Bulan Juli, Lun Lun melahirkan dua panda kembar yang diberi nama Mei Lun dan Mei Huan.

Dalam bahasa China, kedua nama itu berarti "sesuatu yang sangat cantik dan indah".

Panda raksasa merupaka binatang yang rentan di alam liar.

Di China, sekitar 1.600 panda yang ada di hutan.

Semua panda yang ada di kebun binatang AS milik China dan kebanyakan dikembalikan ke asal mereka setelah beberapa tahun untuk ikut program pengembangbiakkan di sana.

Penerjemah:
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2013