Jakarta (ANTARA News) - Kepolisian Perairan dan Kepolisian Udara diharapkan mampu mengawal pelaksanaan Pemilu 2014 yang aman, tertib dan lancar dengan segenap kemampuan dan kerja keras.

"Dengan kondisi geografis seperti Indonesia, Polairud harus mampu membantu pelaksanaan Pemilu sehingga kita bisa kontrol masalah, khususnya logistik agar bisa sampai ke tempat pemungutan suara," kata Kapolri Jenderal Pol Sutarman dalam upacara peringatan HUT ke 63 Kepolisian Perairan dan Kepolisian Udara Baharkam Polri di Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Senin.

Sutarman juga berpesan agar seluruh jajaran Kepolisian Perairan dan Kepolisian Udara mampu menjamin keamanan dalam pelaksanaan Pemilu. Tak sekadar mengamankan dan memberi kenyamanan bagi masyarakat, kepolisian juga wajib mendukung pelaksanaannya agar segenap masyarakat Indonesia bisa menggunakan hak pilihnya dengan tertib.

"Kita harus menolong menyampaikan dan mendistribusikan logistik sampai dengan pulau terluar," ujarnya.

Lebih lanjut, jenderal bintang empat itu mengatakan naiknya suhu politik akan berpotensi menimbulkan kerawanan. Hal tersebut telah tercermin dalam pelaksanaan Pilkada yang berujung pada bentrokan antarpendukung, sabotase kotak suara hingga kerusakan kantor KPU di daerah dan fasilitas pemerintah lainnya. Termasuk sejumlah intimidasi dan tindakan provokatif yang memicu aksi anarkis.

"Ini harus jadi bagian evaluasi agar pelaksanaan pengamanan setiap tahapan Pemilu bisa berjalan optimal," katanya.

Mengangkat tema "Dengan Semangat Kemitraan Polairud Siap Memantapkan Sinergitas Guna Mendukung Pelaksanaan Tugas Polri dalam Rangka Pemilu 2014", peringatan hari ulang tahun ke 63 Kepolisian Perairan dan Kepolisian Udara Baharkam Polri diharapkan bisa mendukung komitmen pelaksanaan pesta demokrasi tahun depan itu.

Peran Kepolisian Perairan dan Kepolisian Udara Baharkam Polri dinilai penting karena merupakan bagian vital dalam pelaksanaan pengamanan Pemilu 2014.

"Polri sudah lakukan berbagai persiapan baik dari segi pasukan, anggaran, sarana prasarana, piranti lunak, serta pengadaan posko pengamanan untuk dukung pelaksanaan Pemilu yang kondusif," Sutarman menjelaskan.

Peringatan hari ulang tahun ke 63 Kepolisian Perairan dan Kepolisian Udara Baharkam Polri dilaksanakan di Mako Ditpoludara Baharkam Polri, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten.

Upacara peringatan dimulai sejak pukul 08.00 WIB dan dihadiri oleh jajaran kepolisian, termasuk Wakapolri dan Kabaharkam serta perwakilan Kepolisian Australia, Kanada, dan "International Organization for Migration" (IOM). (A062/T007)

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013