Palangka Raya (ANTARA News) - Ketua Dewan Perwakilan Daerah Irman Gusman menyambut baik hasil maupun deklarasi Inisiatif Pendirian Perhimpunan Daerah Indonesia Untuk Pembangunan Berkelanjutan di kegiatan Kalimantan coorporate social responsibility Summit 2013 di Palangka Raya, Selasa.

Inisiatif tersebut merupakan suatu upaya memanfaatkan kekayaan sumber daya alam Indonesia bagi generasi mendatang, kata Ketua DPD RI itu usai menjadi keynote speaker di Kalimantan CSR Summit 2013.

"Sejauh ini saya memandang CSR perusahaan besar swasta belum optimal memberdayakan dan mensejahterahkan masyarakat, sehingga perlu ada wadah untuk mengumpulkan semua pihak," tambah Irman.

Dia juga mengemukakan inisiatif tersebut juga nantinya akan membuat rekomendasi yang perlu bagi pemerintah pusat dan rencana tata ruang wilayah (RTRWP) dalam satu kesatuan kepentingan pembangunan berkelanjutan serta dimulai dari daerah.

"Lima point penting dari deklarasi tersebut harapannya dapat memberikan pemanfaatn yang bertanggungjawab akan memastikan generasi mendatang terus menikmati kekayaan SDA Indonesia," kata Ketua DPD RI itu.

Dia mengemukakan, para legislator mempersiapkan aturan berupa perundang-undangan, eksekutif menjalankannya dan perusahaan konsisten mematuhi serta masyarakat maupun pihak lain mengawasinya.

Pewarta: Jaya Wirawana Manurung
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2013