Jakarta (ANTARA News) - Indonesian Business Coalition on AIDS (IBCA) selaku pelaksana yang ditunjuk pemerintah hari ini mengadakan acara puncak Hari AIDS Sedunia 2013 di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Hari AIDS Sedunia 2013 di Indonesia kali ini mengangkat tema "Cegah HIV dan AIDS, Lindungi Pekerja, Keluarga dan Bangsa."

Ketua IBCA, Hamid Batubara mengungkapkan tema ini diharapkan dapat menggerakan sektor swasta yang lebih luas untuk berpartisipasi aktif dalam upaya penanggulangan HIV dan AIDS di Indonesia, khususnya bagi pekerja dan keluarganya.

"Acara puncak Hari AIDS Sedunia 2013 ini sedikitnya melibatkan seribu orang peserta baik perwakilan dari kementerian, organisasi masyarakat, kelompok beresiko tinggi, perusahaan swasta, pekerja dan remaja," katanya.

Dalam acara ini juga akan diresmikan program Voluntarily Couseling and Test HIV (VCT at work) yaitu layanan tes HIV secara sukarela yang disertai dengan konseling. 

VCT at work ditujukan untuk memastikan kemudahan akses layanan tes HIV bagi para pekerja. Program ini merupakan kerja sama antara ILO, UNAIDS, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

"Acara puncak Hari AIDS Sedunia 2013 menjadi penutup serangkaian kegiatan kampanye yang telah dilaksanakan sebelumnya, sekaligus komitmen bersama untuk berupaya menangani HIV dan AIDS di tahun-tahun kedepan," kata Hamid Batubara.

Selain itu rencananya acara Hari AIDS Sedunia 2013 dan program VCT at work akan diresmikan oleh Muhaimin Iskandar, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Pewarta:
Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2013