London (ANTARA News) - Sebelas tahun menukangi Everton, Rabu (4/12) waktu setempat, Kamis dini hari WIB, David Moyes harus melakoni pertandingan dengan Everton, bukan sebagai kawan tetapi justru sebagai lawan.

Sebelum merapat ke Manchester United (MU), Moyes menginjakan kaki di Goodison Park sejak 14 Maret 2002. Satu dekade menukangi The Toffees, Moyes menjadi manajer keempat setelah Alex Ferguson, Arsene Wenger, dan Harry Redknapp yang sukses memenangi 150 laga di Liga Inggris (Premier League).

Catatan lain yang ditorehkan pria asal Skotlandia ini, yaitu pada 2003, 2005, dan 2009 namanya masuk dalam League Managers Association Awards, sebuah penghargaan yang diberikan untuk pelatih yang melatih klub-klub Inggris.

Sebelas tahun di Everton telah menjadi kenangan, namun Moyes mengaku pertemuan pertamanya dengan Everton tidak lantas bernuansa emosional.

"Saya bukan orang yang emosional, sebenarnya, saya lebih ingin fokus pada pertandingan."

"Saya menghormati Everton, pelatih, pemain, suporter mereka, tetapi kini saya melatih Manchester United," kata Moyes seperti dimuat dalam laman Manchester United.com

Sementara Everton datang dengan wajah baru. Setelah Moyes hengkang dari Everton, Roberto Martinez ditunjuk untuk meduduki kursi kepelatihan The Toffees, julukan bagi Everton.

Pasukan Roberto Matinez bertamu ke Old Trafford berbekal kemenangan 4-0 kala bersua dengan Stoke City, (30/11).

"Pada musim ini, kami menjadi lebih kuat dengan kepercayaan diri yang tinggi," kata Martinez seperti dikutip di laman evertonfc.com

Meskipun demikian Martinez juga tidak menampik keangkeran dari stadion berkapasitas 75.000 kursi ini

"Old Trafford selalu menjadi tempat yang sulit untuk didatangi," kata mantan pelatih Wigan itu.

"Old Trafford merupakan tempat yang sulit untuk memainkan permainan yang telah Anda siapkan dan saya pikir ini saatnya untuk menjadi diri sendiri dan bersaing melawan juara."

Everton bertengger di posisi kelima klasemen Liga Inggris dengan mengemas 24 poin, sementara MU berada di peringkat kedelapan dengan memperoleh 22 poin.

Everton tidak bisa membawa Darron Gibson, Arouna Kone, dan Leighton Baines karena mengalami cedera.

Sementara di kubu MU Darren Fletcher dan Michael Carrick juga tidak bisa bermain karena cedera serta Phil Jones yang mendapat larangan bermain.
(OA)

Penerjemah:
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2013