London (ANTARA News) - Tim sepakbola Indonesia, Indonesian Football Community-Dubai (IFC-Dubai), IFC-Jayakarta, menjadi juara pertama divisi kategori terbuka, dalam Turnamen Sepakbola Piala ASEAN 2013, di Stadion Al Ahli Club, Dubai UAE .

IFC-Dubai lain, yaitu IFC-Pattimura, tampil sebagai juara kedua di kategori itu, IFC-Gajah Mada (juara ketiga divisi II), serta IFC-Garuda Gurun Fujairah dan Viking Indonesia (juara kedua dan ketiga divisi III). 

"Sementara itu, tim Ruwais Muda menempati juara pertama kategori U-17 dan tim Indonesia Pas-Passan meraih juara pertama kategori U-12," kata Konsul Fungsi Konsuler Konsulat Jenderal Indonesia di Dubai, Fajar Nuradi, Kamis.

Pertandingan sepakbola ini adalah pertandingan tahunan yang diselenggarakan Singapore Moslem Group (SMG). Tahun ini pertandingan diikuti Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Viet Nahm, dan Indonesia, yang berjumlah sekitar 58 tim.

Atas keberhasilan IFC Jayakarta selama tiga tahun berturutan itu, segenap perwakilan Indonesia di sana mengucapkan selamat, juga kepada ketiga tim lain Indonesia. 

Keberhasilan ini tidak terlepas dari keseriusan berlatih para pemain dan adanya pelatih yang handal yaitu Andrey Pratama (mantan pemain tim nasional mahasiswa), Sugiyono (mantan pemain Persema Junior) dan Kunyadi Wasimun (salah satu pendiri IFC-Dubai).

Kapten IFC-Jayakarta, Efwan Muhtarom, menerima Piala Divisi Champion setelah timnya memenangkan partai final yang dramatis melawan Singapore Jaya dengan skor akhir 5-4.

IFC-Jayakarta tertinggal 0-3 lebih dulu hingga babak pertama usai namun dapat mengejar ketertinggalan 4-4 melalui gol Basten Simanjuntak, Dhani Ahmad, Sandi Hadian, dan Andrik Sunandar, sehingga terpaksa dilakukan perpanjangan waktu. 

Gol kedua Sunandar menjadi penentu kemenangan tim Indonesia.

Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2013