Chengdu, China (ANTARA) - Ganda putri Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose kecewa tak bisa membawa Indonesia menyamakan kedudukan dari Jepang pada fase grup Piala Uber 2024 di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China, Rabu.

Meilysa/Rachel kalah 9-21, 15-21 dalam tempo 40 menit dari ganda putri Jepang Rena Miyaura/Ayako Sakuramoto.

"Pastinya kecewa karena tidak bisa (menyamakan kedudukan). Kami menjadi penentunya. Kami masih kurang puas sama permainan kami tadi. Tapi banyak pelajaran yang bisa diambil," kata Rachel usai pertandingan.

Gim pertama berlangsung cukup menantang bagi Meilsya/Rachel mengingat ini kali pertama mereka bertemu dengan Miyaura/Sakuramoto.

Sang juara Orleans Masters 2024 terlihat masih berusaha mencari pola permainan yang bisa menghadang dan mengembalikan serangan lawan.

Baca juga: Ester sayangkan kurang tenang dan fokus saat kalah dari Aya Ohori

Miyaura/Sakamoto yang merupakan ganda putri peringkat 11 dunia pun menang mudah 21-9 pada  gim pertama.

"Daya tahan mereka sangat kuat (dan sulit ditembus. Mereka mungkin lebih tahan (dalam reli-reli panjang)," kata Meilysa.

Pada gim kedua, pasangan Indonesia terlihat sudah menemukan strategi dalam mengimbangi permainan lawan. Terbukti mereka bangkit dan lebih agresif dalam meladeni bola-bola lawan dan bertahan dalam reli panjang.

Namun, pasangan Jepang yang terkenal ulet dan memiliki pertahanan yang sulit ditembus itu kembali membuktikan kualitasnya dan mempertahankan dominasi sampai gim kedua pun mereka rebut dengan 21-15.

Saat ditanya apakah mereka memiliki beban karena menjadi penentu Indonesia untuk menyamakan kedudukan, Meilysa/Rachel tidak mengelak.

Baca juga: Fadia/Lanny kalah lewat rubber game ketat lawan Matsuyama/Shida

"Ada beban, cuma itu memang pertandingan di kejuaraan beregu," kata Rachel.

Kekalahan ini membuat Jepang memastikan juara Grup C Piala Uber 2024, sementara Indonesia menjadi runner up. Kedua negara siap melenggang ke perempat final ajang beregu dunia bergengsi ini.

Pertandingan terakhir fase grup hari ini akan mempertemukan Komang Ayu Cahya Dewi dengan Tomoka Miyazaki. 

Mengingat kedua pemain memiliki catatan cukup positif, akan sangat menyenangkan bisa melihat kedua pemain muda ini beraksi di lapangan.

Baca juga: Gregoria raih kemenangan pertama Indonesia atas Jepang di fase grup

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024