Jakarta (ANTARA News) - Juara dunia Spanyol akan lebih cepat bertarung kembali menghadapi lawannya pada final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, Belanda, setelah keduanya menghuni Grup B.

Selain dua tim Eropa ini, Grup B juga menghadirkan Chile dan Australia yang tampaknya Australia menjadi tim terlemah di grup ini.

SPANYOL
Pelatih: Vicente Del Bosque
Spanyol adalah juara dunia saat ini dan juara dua Piala Eropa terakhir, yang akan menuju Brazil dengan alasan pasti bahwa merea bisa menumbangkan tuan rumah dan para penantang lainnya untuk juara kembali.
Kendati begitu mereka dikalahan 0-3 oleh Brazil pada final Piala Konfederasi tahun ini, dan para pemain kunci di masa-masa lalu seperti Xavi Hernandez tengah meredup.
Kiper dan kapten Iker Casillas kehilangan tempatnya di Real Madrid, namun banyak dari pemain-pemain lainnya masih sangat bagus di puncaknya, termasuk Sergio Ramos, Andres Iniesta dan Sergio Busquets.
Del Bosque telah membuktikan  mampu mengintegrasikan wajah-wajah baru ke dalam skuad.

CHILE
Pelatih: Jorge Sampaoli
Jorge Sampaoli menggantikan pelatih sesama asal Argentina Claudio Borghi sebagai pelatih La Roja dan mengantarkan timnya nyaman mengakhiri kampanye kualifikasi tim di zona Amerika Selatan dengan empat kali menang dan sekali seri untuk finish di urutan ketiga di bawah Argentina dan Kolombia.
Sampaoli menikmati sukses di tingkat klub bersama Universidad de Chile sebelum menangani timnas, dan timnya berjanji untuk menjadi salah satu yang terbaik di Brazil seperti tim yang dilatih Marcelo Bielsa pada Piala Dunia 2010.
Arturo Vidal dari Juventus dan Alexis Sanchez dari Barcelona adalah dua bintang terhebat di skuad.
Chile belum lama ini mencetak kemenangan meyakinkan dalam laga persahabatan melawan Inggris di  Wembley.

AUSTRALIA
Pelatih: Ange Postecoglou
Australia tampil tiga kali berturut-turut pada putaran final Piala Dunia dan total sudah empat kali, namun Socceroos ke Brazil dengan ekspektasi biasa-biasa. 
Mereka berjuang meyakinkan diri pada kualifikasi Asia di bawah pelatih asal Jerman Holger Osieck dengan memenangi tiga dari delapan laganya di grup terakhirnya. 
Pelatih ini dipecat menyusul kekalahan 0-6 dari Prancis dalam laga persahabatan Oktober silam.
Dia kemudian digantikan Postecoglou, orang Australia kelahiran Yunani yang sebelumnya telah mengantarkan Brisbane Roar berturut-turut menjuarai A-League.
postecoglou berharap pada penampilan terhormat di Brazil sebelum mengantarkan tim pada Piala Asia 2015 di Australia.
Kiper veteran Mark Schwarzer belum lama ini pensiun dari penampilan internasionalnya, dan kiper Bayer Leverkusen Robbie Kruse menjadi salah satu yang menjadi calon penggantinya.

BELANDA
Pelatih: Louis van Gaal
Finalis Piala Dunia 2010 ini melaju melalui babak kualifikasi dengan hanya kehilangan dua poin dan mencetak 34 gol.
Itu membanggakan bagi Van Gaal yang kembali menukangi 'Oranje' setelah gagal membawa Belanda lolos ke putaran final Piala Dunia 2002. 
Belanda melaju mulus ke Brazil dengan berlimpah kualitas.
Robin van Persie, Arjen Robben dan Wesley Sneijder masing menjadi anggota skuad penting, sedangkan yang lainnya seperti Kevin Strootman yang memperkuat Roma bermunculan.

sumber: AFP

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2013