Jakarta (ANTARA) - Kebakaran melanda sebuah rumah di Jalan Swadaya II RT 06 RW 04, Cempaka Baru, Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Jumat, dipicu arus pendek (korsleting) kipas angin. 

"Saat korban sedang mengecas baterai kipas di lantai dua rumah (milik Linda Wati) lalu meledak, diduga 'korsleting' listrik dari baterai kipas menjadi pemicu kebakaran," kata Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Pusat, Asril Rizal saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Asril mengatakan, pihaknya menerima laporan dari warga tentang kebakaran itu sekitar pukul 10.21 WIB. Pihaknya mengerahkan 26 anggota dengan 8 unit mobil pemadam kebakaran antara lain dari Pos Harapan Mulya, Pos Serdang, Sektor Kemayoran dan Pos Cempaka Putih.

Dia menuturkan, tim tiba sekitar pukul 10.30 WIB dan melakukan pendinginan area pada pukul 10.46. Area yang terbakar memiliki luas sekitar 64 meter persegi (m2), dihuni dua kepala keluarga dan delapan jiwa.

Baca juga: Gulkarmat Jakpus gencarkan pencegahan kebakaran di permukiman warga
Baca juga: 10 rumah di Batu Ceper Jakpus terbakar


Menurut laporan yang diterima, satu orang mengalami luka bakar akibat kejadian tersebut. Sementara untuk total kerugian diprakirakan sebanyak Rp128 juta.

Kebakaran di Jakarta Pusat yang dipicu arus pendek listrik listrik sudah beberapa kali terjadi. Pada April lalu, empat bangunan rumah dan dua tempat usaha di Jalan Kemayoran Gempol, Kelurahan Kebon Kosong, Kemayoran, terbakar akibat arus pendek listrik.

Kemudian, guna mengatasi api, Sudin 
Gulkarmat Jakarta Pusat (Jakpus) mengerahkan sebanyak 75 petugas dengan 15 unit kendaraan pemadam.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memperkirakan kerugian akibat kebakaran tersebut mencapai sekitar Rp400 juta.

Sebelumnya, pada Oktober 2023, api melahap sebanyak 20 rumah tinggal dengan jumlah warga terdampak sebanyak 20 KK yang terdiri dari 99 Jiwa di Jalan Casa Kemayoran Gempol RT 13/RW 05.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024