Surabaya (ANTARA News) - Panitia pelaksana turnamen sepak bola Piala Gubernur Jawa Timur 2013 memutuskan perubahan komposisi grup dan tambahan lokasi pertandingan, menyusul bergabungnya Persepam Madura United sebagai peserta baru.

Ketua Panpel Piala Gubernur Jatim Akhmad Munir kepada wartawan di Surabaya, Rabu, mengatakan jika sebelumnya pertandingan hanya dibagi dua grup dan diikuti delapan tim Indonesia Super League (ISL), kini telah disepakati menjadi tiga grup dengan sembilan kontestan.

Ketiga grup tersebut adalah Grup A yang terdiri atas Persepam MU, Persebaya dan Persib Bandung dengan lokasi pertandingan di Stadion Gelora Bangkalan, Madura.

Selanjutnya Grup B yang diisi Arema Cronus, Sriwijaya FC dan Persik Kediri bertanding di Stadion Kanjuruhan Malang. Kemudian Persela Lamongan, PSM Makassar dan Persegres Gresik United yang berada di Grup C berlaga di Stadion Surajaya Lamongan.

"Persepam-MU yang awalnya tidak ikut karena ada agenda uji coba lain, secara mendadak memutuskan ikut pada Selasa (10/12) malam sehingga panitia harus kembali rapat untuk melakukan sejumlah perubahan," kata Munir.

Keputusan bergabungnya Persepam-MU terjadi hanya beberapa jam setelah panpel menggelar undian dan pertemuan manajer tim. Pada kesempatan itu juga diputuskan pembagian grup berikut tim-timnya, serta tuan rumah penyelenggara yakni Bangkalan dan Malang.

Awalnya Grup A terdiri dari Persebaya, Persib, PSM, dan Persela. Sedangkan Grup B beranggotakan Arema Cronus, Persik, Sriwijaya FC, dan Persegres GU.

Dengan format dua grup tersebut, panitia meniadakan babak empat besar karena langsung menjaring juara dari masing-masing grup untuk bertemu di babak final.

Namun setelah ada perubahan menjadi tiga grup, diputuskan ada babak semifinal (empat besar) yang akan dijaring dari masing-masing juara grup dan ditambah satu tim peringkat kedua terbaik.

"Yang jelas, jadwal pelaksanaan turnamen tidak mengalami perubahan, tetap tanggal 15 hingga 22 Desember. Terkait masalah izin keamanan untuk pertandingan di Bangkalan, Lamongan dan Malang sudah beres semua," tambah Humas Panpel Piala Gubernur, Rahmad Adi.

Turnamen pramusim yang menjadi agenda tahunan PSSI Jatim tersebut, memperebutkan total hadiah sebesar Rp250 juta dan untuk tahun ini pesertanya dikhususkan bagi tim-tim yang berkompetisi di ISL 2014.

Selain enam tim ISL asal Jatim, panpel juga mengundang tiga tim lainnya yang memiliki nama besar di pentas sepak bola nasional yakni Persib Bandung, Sriwijaya FC dan PSM Makassar. 

(D010/R007)

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013