Solo (ANTARA) - Chief de Mission (CdM) Kontingen Indonesia Reda Manthovani mengatakan persiapan para atlet National Paralympic Committee (NPC) yang telah menjalani pemusatan latihan di Solo, Jawa Tengah, untuk persiapan Paralimpiade Paris 2024 sudah hampir sempurna.

"Saya sudah melihat atlet cabang olahraga panahan andalan Indonesia yang disiapkan untuk berlaga di Paralimpiade Paris. Kami melihat langsung bagaimana mereka berlatih dan skornya memang tingkatan atlet Paralimpiade dan nyaris sempurna di tempat latihan," kata Reda Manthovani seusai melihat persiapan para atlet NPC Indonesia di Solo, Kamis.

Reda Manthovani mengatakan, kunjungannya ke Solo untuk melihat langsung persiapan para atlet NPC Indonesia dari semua cabang olahraga yang akan berlaga di Paralimpiade 2024 Paris, Agustus mendatang.

Menurut Reda Manthovani, persiapan atlet tersebut perlu dijaga konsistensinya agar tetap semangat sampai pertandingan nanti. "Soal kemampuan para atlet seperti di cabang olahraga panahan itu, levelnya sudah Paralimpiade. Insya Allah kalau para atlet panahan konsisten dan metode latihan dipertahankan maka bisa memperoleh medali," ujarnya.

"Pada Kamis ini kami akan melihat langsung persiapan cabang olahraga badminton dan tenis meja satu per satu. Persiapan para atlet mudah-mudahan sama, prima untuk mencapai prestasi," kata CdM kontingan Indonesia itu.

Kontingen NPC Indonesia untuk Paralimpiade Paris 2024 memasang target realistis seperti tahun lalu, yakni satu medali emas dari cabang bulu tangkis. Namun demikian, kata dia, mudah-mudahan Indonesia bisa merebut lebih dari satu medali emas.

"Kontingen Indonesia akan berupaya memenuhi jumlah medali yang ditargetkan itu. Kami akan berupaya keras," katanya.

Reda juga meminta doa restu semua rakyat Indonesia untuk mendukung para atlet agar bisa berjaya pada Paralimpiade Paris, Agustus hingga September mendatang. Para atlet NPC Indonesia yang sudah masuk dan siap dikirim ke Paralimpiade Paris 2024 berjumlah 28 atlet dan akan turun di 10 cabang olahraga.

Senada dengan Reda, Ketua Umum NPC Indonesia Senny Marbun mengatakan bahwa kontingan Paralimpiade Indonesia hanya ditargetkan bisa merebut satu emas dari cabang bulu tangkis. "NPC Indonesia target tetap satu emas, tetapi jika bisa merebut tiga emas itu rejekinya," katanya.

"Yang penting latihan maksimal dan potensi medali emas selain badminton juga harapannya ada di cabang atletik. Persiapan atlet Indonesia sudah sekitar 85 persen," demikian Senny.

Baca juga: NPC Indonesia sudah loloskan 23 atlet ke Paralimpiade Paris 2024
Baca juga: Dito harap atlet rebut banyak emas di Olimpiade dan Paralimpiade 2024
Baca juga: Kemenpora dukung penuh persiapan Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024