Jakarta (ANTARA) - Kebaya merupakan salah satu busana tradisional Nusantara yang kerap dipakai wanita dalam beberapa acara formal.
 
Namun tak hanya masyarakat biasa, deretan para artis ini pun dengan bangga mengenakan kebaya dalam setiap kesempatannya tampil di muka umum dan di posting dalam media sosialnya
 
Berikut beberapa nama artis yang kerap memakai kebaya dan kain wastra khas Indonesia.

Baca juga: Didiet Maulana sebut pengajuan kebaya ke UNESCO bentuk kebanggaan
 
1. Yura Yunita
Penyanyi Yura Yunita memakai kebaya yang diunggah ke sosial medianya (ANTARA/Instagram/yurayunita)
 
Dalam setiap kesempatan bernyanyi, Yura Yunita selalu memakai kebaya atau kain tradisional Indonesia sebagai pakaiannya di atas panggung. Ia juga melengkapi aksesori manggungnya dengan sneakers atau sepatu berplatform tinggi untuk mendukungnya beraksi saat bernyanyi.
 
Yura sering memadu padankan warna-warna yang mencolok dari kain wastra yang ia kenakan. Baru-baru ini ia juga mengenakan kebaya dengan paduan 3 macam wastra beraneka motif saat menjadi tamu di Pura Mangkunegaran, Solo pada akhir April.

Baca juga: Indah MAD sambut baik usulan 3 budaya Indonesia ke UNESCO
 
2. Dian Sastrowardoyo
Aktris Dian Sastrowardoyo memakai kebaya dalam beberapa kesempatan (ANTARA/Instagram/therealdisastr)
Berkat perannya yang memuaskan di serial Netflix "Gadis Kretek", Dian Sastrowardoyo berhasil mengangkat salah satu kebaya khas Yogyakarta yaitu kebaya Janggan.
 
Kebaya Janggan memiliki ciri khas menutupi bagian leher dengan kerah chongsam, dan detail kancing yang menyamping miring menyerupai busana adat pria Jawa, surjan.
 
Dalam beberapa kesempatan, Dian memamerkan busana kebaya Janggan dari desainer tanah air. Selain itu, ia juga terlihat cantik saat memakai kebaya dalam acara penggalangan dana Indonesia Dance Festival pada awal Mei.

Baca juga: Reog, Kolintang, dan Kebaya diusulkan jadi warisan budaya UNESCO
 
 
3. Titi Radjo Padmaja
Musisi Titi Radjo Padmaja memakai kebaya dalam beberapa kesempatan (ANTARA/Instagram/titiradjopadmaja)
 
Musisi wanita yang mahir bermain drum Titi Radjo Padmaja juga kerap membagikan momen di media sosial Instagramnya mengenakan kebaya.
 
Baru baru ini saat memeringati Hari Kartini, Titi memakai kebaya tidak berlengan dilengkapi dengan kain berwarna oranye cerah. Dalam beberapa kesempatan lainnya, ia juga berpose mengenakan kebaya khas Bali berwarna putih.
 
Titi pun hadir dalam acara yang digelar ASEAN dalam rangka mengusung kebaya masuk dalam daftar warisan budaya Unesco bersama komunitas kebaya.

Baca juga: Kowani bersama Timnas Kebaya persiapkan perayaan Hari Kebaya Nasional
 
4. Happy Salma
Happy Salma memakai kebaya dalam beberapa kesempatan dan bangga mengenakan kerajinan lokal (ANTARA/Instagram/happysalma)
 
Aktris Happy Salma adalah salah satu pesohor yang beberapa kali mengabadikan momennya di media sosial dengan mengenakan pakaian dan kain khas Indonesia.
 
Akhir-akhir ini, wanita yang juga kerap menggelar acara monolog di teater membagikan fotonya mengenakan kebaya Janggan dan juga sering terlihat memakai kebaya khas Bali, tempat tinggalnya bersama sang suami. Ia juga tak ragu memakai karya dari perajin lokal yang mengangkat keindahan wastra Indonesia.

Baca juga: Istana Berkebaya ajak masyarakat cinta dan bangga budaya Indonesia
 
5. Ariel Tatum
Ariel Tatum memakai kebaya dalam beberapa kesempatan seperti saat menjadi tokoh utama penari khas Sukabumi (ANTARA/Instagram/arieltatum)
 
Model dan aktris Ariel Tatum beberapa kali terlihat memakai setelan kebaya dan kain wastra saat menghadiri acara formal. Tak jarang juga ia memakai kain wastra saat penampilannya di catwalk membawakan balutan kain dari desainer ternama Indonesia.
 
Pada Agustus tahun 2023 Ariel juga menjadi salah satu tamu undangan di acara Istana Berkebaya. Ia berkesempatan menarikan tarian khas Sukabumi dengan balutan kebaya.

Baca juga: Kebaya bisa jadi identitas nasional berbasis kelokalan​​​​​​​

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
COPYRIGHT © ANTARA 2024