Jakarta (ANTARA) - PT Intidaya Dinamika Sejati menggandeng Schneider Electric (SE) untuk mengembangkan teknologi pompa vakum dan roots blower cerdas dan ramah lingkungan dengan menggunakan inovasi otomasi terbaru EcoStruxure Automation Expert.

Managing Director Intidaya Jonathan Kartawijaya menyatakan solusi pompa vakum dan roots blower cerdas ini akan membantu para pelaku industri, khususnya dalam pengolahan air dan air limbah, rumah sakit, dan manufaktur.

"Kami mengembangkan inovasi pada solusi pompa vakum dan roots blower dengan memanfaatkan teknologi digital berbasis software," katanya dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Perusahaan anak bangsa temukan inovasi pemadam api baterai EV

Inovasi tersebut, lanjutnya menggabungkan beberapa solusi SE termasuk EcoStruxure Automation Expert, lisensi Soft dPAC, Harmony Edge Box, dan AVEVA Edge.

Dikatakannya, pengawasan pompa vakum dan roots bloower merupakan tantangan tersendiri bagi para staf lapangan karena masih dilakukan secara manual sehingga sulit untuk melakukan pendeteksian awal atas potensi kerusakan, ataupun kebocoran.

Sementara itu pompa vakum dan roots blower beroperasi 24 jam, lanjutnya, sehingga pengawasannya harus sangat ketat agar tidak terjadi downtime yang dapat mengakibatkan kegagalan produksi dan kerugian material.

Inovasi tersebut, menurut dia, dapat membantu melakukan pengawasan secara real time terhadap kinerja pompa vakum dan roots blower dan memastikan output yang stabil dan konsisten.

"Solusi ini telah berhasil meningkatkan efisiensi teknis dan produktivitas operasional, menghemat energi hingga 43 persen dan mencegah terhentinya produksi akibat downtime," ujar Jonathan.

Baca juga: Perusahaan kayu Citra Kayon bawa inovasi teknologi di Megabuild 2024

Industry Business Vice President Schneider Electric Indonesia Martin Setiawan menambahkan pihaknya berkomitmen untuk menjadi mitra digital dan otomasi bagi pelaku industri dalam hal efisiensi, meningkatkan produktivitas dan keberlanjutan.

"Intidaya menjadi contoh utama bagaimana mengintegrasikan teknologi digital dan otomasi dapat meningkatkan nilai produk dan menciptakan dampak positif bagi bisnis dan lingkungan," ujarnya.

Pewarta: Subagyo
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024