Jakarta (ANTARA News) - Pengunjung pameran Artphoria 2013 dapat menjumpai beragam hal menarik selama pameran berlangsung, salah satunya belajar membuat karakter tokoh animasi dari kertas atau paper craft.

Qidi Septiawan, anggota dari Komunitas Peri Kertas mengatakan melakukan paper craft tak sulit, cukup menyiapkan kertas yang telah digambar pola satu karakter tertentu,gunting sesuai pola lalu lem sisi-sisinya.

"Sama seperti origami kayak waktu kecil dulu, paper craft pengembangannya saja. Mudah," ujarnya pada sela acara Artphoria 2013, di Jakarta, Minggu.

"Kertasnya tidak boleh terlalu tipis, minimal 100milimeter,agar tidak mudah robek," katanya.

Bagi pria yang telah menekuni paper craft selama dua tahun ini, untuk pemula satu karakter bisa diselesaikan kurang dari satu jam. "Untuk karakter paling sederhana, misalnya binatang anjing, kurang dari sejam juga bisa selesai," katanya.

Menurut Qidi, Gundam adalah karakter dengan tingkat kesulitan tertinggi. Waktu pengerjaan satu karakter Gundam bisa mencapai tiga bulan.

"Asal tekun, tiga bulan bisa selesai. Soalnya banyak detil-detilnya, tidak mudah," katanya.

Pria penyuka karakter Gundam itu menambahkan, semua orang dapat melakukan paper craft, tak terbatas apakah anak-anak ataupun dewasa.

"Yang penting niat dan mau," katanya. Qidi dan rekannya di Komunitas Peri Kertas hadir di Pameran Artphoria 2013 yang berlangsung 14 Desember - 26 Januari 2014 di Jakarta.(*)

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2013