Jakarta (ANTARA News) - Pengunjung pameran Artphoria 2013 tak hanya bisa menikmati karya-karya lukis tiga dimensi, tapi juga dapat merasakan sensasi menjadi bagian dari lukisan-lukisan tersebut.

Seniman Amerika Serikat, Kurt Wenner, menampilkan karya lukis menggunakan teknik anamorphic atau 3D pavement art yang memunculkan efek yang membuat pengunjung seolah dapat berinteraksi dengan elemen lukisan dalam pameran itu.

Dalam salah satu karya lukis Wenner yang berjudul "Armchair Traveler" misalnya, seorang pria duduk terperangah di sofa berwarna hijau karena sebuah mobil dan beberapa hewan menabrak dinding rumahnya lalu menghancurkannya.

Pengunjung pameran bisa duduk di kursi yang ada di sebelah pria yang sedang terperangah dalam lukisan itu dan merasakan efek menjadi bagian dari lukisan tersebut.

Pengunjung bisa seolah menaiki karpet terbang yang ada dalam lukisan "Magic Carpet."

Wenner, yang dikenal dengan karya-karya lukis yang memanfaatkan manipulasi daya pandang manusia, kali ini memamerkan 11 karya lukis.

Karya yang dipamerkan di antaranya "Incident at Waterbo", "Armchair Traveler", "The Tower", "The Finish Line", "Shangrila", "The Moneypit", "The Belgian Underground", "Magic Carpet", "Nortwest Fantasy" dan "The Sea".

Pengunjung bisa menyentuh dan berfoto dengan lukisan-lukisan karya Wenner dalam pameran Artphoria 2013 yang berlangsung mulai 14 Desember - 26 Januari 2014 di Ciputra Artpreneur Center, Jakarta.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2013