Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengingatkan para instruktur pelatihan vokasi agar terus meningkatkan kompetensi, antara lain melalui keikutsertaan dalam Kompetisi Keahlian Instruktur Nasional (KKIN).
 
Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemnaker Anwar Sanusi dalam malam penutupan KKIN 2024 Tingkat Regional Wilayah Barat 1 di Padang, Sumatera Barat, Rabu (8/5).
 
"Saya berharap kepada pimpinan satuan kerja yang instrukturnya berhasil melangkah ke tingkat nasional memberikan perhatian khusus dan memberikan motivasi sehingga nantinya akan dapat bersaing dengan maksimal di tingkat nasional," kata Anwar sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis.
 
Ia pun menyampaikan selamat kepada instruktur yang berhasil menjadi juara dan akan mengikuti tahapan selanjutnya yakni KKIN tingkat nasional.

Baca juga: Kemnaker gelar KKIN guna tingkatkan pemerataan kompetensi
 
Selain itu Anwar menyampaikan apresiasi kepada seluruh instruktur yang telah berpartisipasi dalam kompetisi tersebut.
 
Berikutnya dia menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Padang, dewan juri, penyelia, tim teknis, dan panitia yang telah bekerja keras menyukseskan pelaksanaan kompetisi tersebut.
 
"Semoga dengan berakhirnya kegiatan KKIN ini tidak menyurutkan langkah dan semangat kita semua untuk selalu berkompetisi dengan sehat dan integritas," kata dia.

Baca juga: Menaker paparkan upaya bangun ekosistem ketenagakerjaan demi SDM andal
 
KKIN Regional wilayah Barat 1 diikuti oleh 140 kompetitor atau peserta kompetisi dari 14 bidang keahlian yang berasal dari Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas(BBPVP) Medan, Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (​​​​​​​BPVP) Aceh, BPVP Padang, dan BPVP Belitung yang semuanya melibatkan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK), BLK Komunitas, Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) binaan, serta dunia usaha dan dunia industri.
 
Bidang keahlian yang dikompetisikan adalah instalasi listrik, elektronika, pengelasan, pendingin dan tata udara, otomotif sepeda motor, otomotif kendaraan ringan, desain grafis, mechanical engineering design CAD, IT software solution for business, tata busana, kecantikan, pelayanan restoran, pembuatan kabinet, dan barista.
 
Nantinya juara I dan II KKIN Regional wilayah Barat 1 tersebut akan mengikuti KKIN Tingkat Nasional yang akan dilangsungkan di BPVP Sorong, Papua Barat.

Baca juga: Menaker: BLK harus "link and match" hindari lulusan menganggur

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2024