Ottawa (ANTARA) - Tingkat pengangguran Kanada tidak berubah di angka 6,1 persen pada April, sementara tingkat ketenagakerjaan tetap stabil di 61,4 persen menyusul penurunan bulanan selama enam bulan berturut-turut,

Statistics Canada pada Jumat (10/5) mengatakan bahwa tingkat pengangguran itu menunjukkan peningkatan secara tahunan di antara kelompok-kelompok ras terbesar.

Menurut badan tersebut, tingkat pengangguran naik 4,4 poin persentase menjadi 11,2 persen untuk warga Kanada berkulit hitam usia produktif; naik 2,1 poin persentase menjadi 6,8 persen untuk warga Asia Selatan usia produktif; dan naik 1,3 poin persentase menjadi 7,5 persen untuk warga Kanada keturunan China usia produktif.

Sebagai perbandingan, tingkat pengangguran naik 0,3 poin persentase menjadi 4,2 persen pada periode yang sama di kalangan warga usia produktif yang tidak memiliki latar belakang ras.

Tingkat pengangguran, yang disesuaikan dengan konsep Amerika Serikat (AS), berada di 5,1 persen di Kanada pada April, tercatat 1,2 poin persentase lebih tinggi daripada di AS, ujar badan itu.

Tingkat ketenagakerjaan yang juga disesuaikan dengan konsep AS, menurut badan itu, tercatat sebesar 62 persen di Kanada dan 60,2 persen di AS pada April.

Tingkat ketenagakerjaan, yang didefinisikan sebagai lapangan kerja dalam persentase populasi usia produktif, secara historis lebih tinggi di Kanada, namun kesenjangannya mengecil pada tahun lalu.

Dari April 2023 hingga April 2024, tingkat ketenagakerjaan, yang disesuaikan dengan konsep AS, turun 0,8 poin persentase di Kanada sementara di AS tidak banyak berubah selama periode yang sama, urai Statistics Canada.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024