Jakarta (ANTARA) - Pengunjung Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur meningkat selama libur panjang akhir pekan menyusul libur Hari Kenaikan Yesus Kristus.

"Antusiasme pengunjung di saat long weekend ini lumayan tinggi. Ada peningkatan dua kali lipat dari hari biasa," kata Digital & Media Relation Manager TMII Novera Mayang Sari saat dimintai keterangan di Jakarta pada Sabtu.

Dia menyampaikan bahwa pada Sabtu siang TMII telah dikunjungi oleh sekitar 14 ribu pengunjung.

Menurut dia, pengunjung antara lain memadati area kereta gantung, taman burung, taman reptil, dan anjungan daerah di TMII.

"Anjungan-anjungan juga biasanya ramai. Apalagi hari ini ada kegiatan pertunjukan kesenian di beberapa anjungan daerah," katanya.

Pertunjukan kesenian daerah "Sumarak Alek Anak Nagari Pariaman" dilaksanakan di Anjungan Sumatera Barat pada Sabtu dan pentas ragam tari Nusantara "Soul of Youth" digelar di Plaza Kori Agung pada Sabtu dan Minggu (12/5).

Selain itu, ada pertunjukan tari "Joko Tingkir" di Anjungan Jawa Timur, drama kolosal "Kayu Naga Muria" di Anjungan Jawa Tengah, dan pagelaran wayang kulit dan pentas tari Angguk Kulon Progo di Anjungan Daerah Istimewa Yogyakarta pada Minggu (12/5).

Mayang menerangkan, pengelola telah menyediakan berbagai fasilitas penunjang bagi pengunjung TMII, termasuk angkutan wara wiri gratis, kantin, dan sarana antar jemput pengunjung dari TMII ke Stasiun LRT Jabodebek TMII maupun sebaliknya.

Ia mengatakan bahwa masjid, mushala, dan tempat ibadah lain juga tersedia di lingkungan TMII. ​​​​

"Lalu ada toilet di semua anjungan, museum, dan wahana, serta toilet untuk difabel," ia menambahkan.

Baca juga: Rekomendasi tujuan wisata libur akhir pekan di DKI Jakarta
Baca juga: Pengunjung TMII diperkirakan 15 ribu orang selama libur panjang
 

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2024