Banjarmasin (ANTARA) -
Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan melakukan persiapan untuk menjadi tuan rumah ajang International Business Administration Competition (IBAC) 2024.
 
IBAC merupakan ajang kompetisi antar mahasiswa/mahasiswi politeknik se-Indonesia dalam bidang administrasi bisnis, di mana Poliban ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggara yang dijadwalkan pada 28-31 Oktober 2024.
 
Disampaikan Ketua Pelaksana IBAC 2024 di Poliban Kalsel, Rudy Haryanto di Banjarmasin, Sabtu, kampusnya ditunjuk menjadi tuan rumah setelah ajang IBAC 2023 di Politeknik Negeri Batam.
 
Tentunya, kata dia, Poliban harus bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk bisa menyukseskan ajang bergengsi hingga bertaraf internasional ini, diantaranya terkait tema acara, masalah teknis dan non teknis seperti transportasi, akomodasi hingga dukungan acara pada saat pelaksanaan lomba.
 
"Kita sudah rapat internal, dan hasil rapat itu kita sampaikan ke Forum Ketua Jurusan Administrasi Bisnis se-Indonesia yang mempercayakan Poliban sebagai tuan rumah, kita sampaikan persiapan kita serta draft buku panduan lomba pun dibahas detail nanti oleh forum kepala jurusan beserta dewan Juri," ungkap Rudy Haryanto.
 
Menurut dia, ada sembilan cabang lomba dalam gelaran IBAC 2024 ini, yakni, tiga lomba cabang berskala internasional yang juga diikuti oleh peserta dari negara lain, yaitu Business Plan Competition, Web Design Competition dan Business Presentation Competition.
 
Kemudian, lanjut dia, enam cabang lomba berskala nasional, yaitu Secretarial Competition, Filing Competition, Meeting Plan Competition, Typing Speed Competition, Master of Ceremony Competition dan Business Data Processing Competition.
 
"Sekedar gambaran, nanti akan ada tiga juri dalam masing-masing lomba tersebut, satu juri dari industri, kemudian dua juri lainnya dari politeknik peserta, khusus tuan rumah kita tidak mengirim dewan juri untuk menjaga netralitas," ujar Rudy Haryanto.
 
Poliban dipercaya menjadi tuan rumah gelaran ini, ungkap dia, karena memiliki rekam jejak yang sukses menyelenggarakan event besar seperti Pekan Olahraga dan Seni se-Politeknik Indonesia (Porseni) ke-13 tahun 2022.
 
"Kita punya tekad sukses dari penyelenggaraan acara IBAC 2024 sebagai Porseni 2022 lalu. Tentunya sukses dari segi prestasi dan administrasi," tuturnya.
 
Ditambahkan Sekretaris Panitia IBAC 2024 Novi Shintia, Poliban harus bisa menyukseskan gelaran ini karena sebuah kehormatan dan kebanggaan dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggara.
 
Novi juga berharap, Poliban bisa menjadi contoh bagi perguruan tinggi lainnya, untuk menjadi penyelenggara terbaik pada pekan-pekan nasional Politeknik se-Indonesia.
 
"Kita akan memberikan yang maksimal, dan Insya Allah semoga kita bisa menjadi contoh penyelenggara terbaik seperti Porseni kemarin," demikian katanya.

Baca juga: Sembilan mahasiswa Poliban lolos beasiswa IISMA 2024 ke luar negeri
Baca juga: Dosen Poliban sabet penghargaan di konferensi ICITCOM 2023
Baca juga: Akademisi Poliban dilatih jadi asesor rekognisi pembelajaran lampau

Pewarta: Sukarli
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024