Bandarlampung (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Lampung menyebutkan 7.275 calon haji dari daerah itu sudah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) hingga 11 Mei 2024.

"Yang melunasi Bipih pada pelaksanaan haji tahun ini 7.275 orang, dari kuota haji Lampung 7.334 (orang)," kata Kepala Kanwil Kemenag Lampung Puji Raharjo di Bandarlampung, Sabtu.

Ia menyebutkan dari 7.275 orang yang melunasi Bipih, 7.207 orang yang diberangkatkan melalui Embarkasi Jakarta Pondok Gede pada pelaksanaan haji 2024.

"Jadi memang kenapa hanya 7.207 CJH (Calon Jamaah Haji) yang diberangkatkan karena ada yang lunas tunda. Artinya ada yang sudah melunasi namun menunda keberangkatannya karena berbagai faktor," kata dia.

Baca juga: Jamaah diminta selalu gunakan alas kaki cegah kaki melepuh

Untuk calon haji cadangan yang melunasi Bipih 849 orang, dengan sisa jamaah cadangan tunda berangkat empat orang.

"Sedangkan untuk petugas haji pada 2024 ini terdiri dari petugas haji daerah 46 (orang), petugas Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) 9 dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 95 orang," kata dia.

Puji mengungkapkan bahwa jumlah calon haji dalam satu kelompok terbang (kloter) sebanyak 393 orang, di mana untuk calon haji di Provinsi Lampung terbagi dalam 19 kloter.

"Ada 18 kloter penuh dan satu kloter gabungan," kata dia.

Dia berpesan kepada jamaah calon haji agar menjaga kekompakan di Tanah Suci, Arab Saudi serta menjaga kesehatan terutama menjelang puncak haji wukuf di Arafah, Muzdalifah, dan Mina.

"Saya juga minta agar CJH utamakan ibadah wajib dari pada ibadah sunah. Patuhi aturan-aturan, baik yang diatur oleh pemerintah kita ataupun pemerintah Arab Saudi dan jaga nama baik negara," kata dia.

Kelompok terbang (kloter) pertama adalah JCH Lampung asal Kota Bandarlampung 393 orang telah memasuki asrama haji, sebelum menuju Jakarta untuk lanjut terbang ke Tanah Suci.

Baca juga: RSUP Adam Malik Medan turunkan petugas medis untuk haji 2024
Baca juga: Kemenag: 393 calon haji Padang bakal berangkat ke Tanah Suci besok


 

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2024