Jakarta (ANTARA) - Bekerja pada shift malam hanya selama tiga hari saja dapat mengganggu ritme protein, meningkatkan risiko diabetes, sebuah studi terbaru telah mengungkapkan.

Dikutip dari Medical Daily, Minggu, para peneliti studi terbaru dari Washington State University dan Pacific Northwest National Laboratory mengeksplorasi bagaimana pekerja shift malam lebih rentan terhadap gangguan metabolik, termasuk diabetes dan obesitas.

Menurut hasil yang diterbitkan dalam Journal of Proteome Research, bahkan hanya beberapa hari bekerja pada jadwal shift malam mengacaukan ritme protein yang terkait dengan regulasi glukosa darah, metabolisme energi, dan peradangan, proses yang dapat mempengaruhi perkembangan kondisi metabolik kronis.

Baca juga: Waspada tidur kurang dari lima jam bisa meningkatkan risiko diabetes

Para peneliti merekrut relawan yang dijaga dalam jadwal shift malam atau siang yang disimulasikan selama tiga hari. Para peserta kemudian tetap terjaga selama 24 jam setelah shift terakhir mereka, di bawah pencahayaan, suhu, posisi tubuh, dan asupan makanan yang konstan. Ini untuk mengukur ritme biologis internal mereka tanpa pengaruh luar.

Saat peserta tetap terjaga, sampel darah diambil untuk mengidentifikasi protein dalam sel-sel sistem kekebalan berbasis darah. Beberapa protein ini erat kaitannya dengan jam biologis utama. Karena jam biologis utama yang menjaga tubuh pada ritme 24 jam tahan terhadap jadwal shift yang diubah, tidak ada banyak perubahan untuk protein-protein ini.

Namun, pada sebagian besar jenis protein lainnya, seperti yang terlibat dalam regulasi glukosa, terjadi perubahan yang signifikan dalam ritme di antara peserta shift malam dibandingkan dengan peserta shift siang.

Baca juga: Menstruasi lebih awal berkaitan dengan peningkatan risiko diabetes

Para peneliti mencatat bahwa ada pembalikan hampir lengkap dalam ritme glukosa pada peserta shift malam. Peserta shift malam juga tidak memiliki sinkronisasi dalam proses yang terlibat dalam produksi insulin dan sensitivitasnya. Proses-proses ini seharusnya bekerja bersama untuk menjaga kadar glukosa dalam rentang sehat.

Ini disebabkan oleh regulasi insulin yang mencoba untuk membatalkan perubahan glukosa yang dipicu oleh jadwal shift malam, yang mungkin merupakan respons yang sehat pada saat itu, tetapi bermasalah dalam jangka panjang, jelas peneliti.

Baca juga: Ahli gizi bagikan lima kiat kurangi risiko diabetes 

"Ada proses yang terkait dengan jam biologis utama di otak kita yang mengatakan bahwa siang adalah siang dan malam adalah malam dan proses lain yang mengikuti ritme yang ditetapkan di tempat lain dalam tubuh yang mengatakan malam adalah siang dan siang adalah malam. Ketika ritme internal tidak teratur, Anda memiliki stres yang berkelanjutan dalam sistem Anda yang kami percaya memiliki konsekuensi kesehatan jangka panjang," kata penulis senior studi, Hans Van Dongen, dari WSU Elson S. Floyd College of Medicine dalam sebuah rilis berita.

Temuan ini menunjukkan bahwa intervensi dini memungkinkan untuk mencegah diabetes dan obesitas, yang juga dapat diterapkan untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke pada pekerja shift malam.

Baca juga: Menurunkan risiko obesitas masyarakat di Surabaya

Baca juga: Orang yang tidur siang lama mungkin lebih berisiko obesitas-hipertensi

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Siti Zulaikha
COPYRIGHT © ANTARA 2024