Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal bin Abdullah Al-Amoudi meninjau lounge Inisiatif Rute Makkah di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta dan didampingi Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.

Dubes Faisal diberikan arahan tentang perkembangan manfaat lounge tersebut, prosedur yang diadopsi untuk memfasilitasi perjalanan ibadah haji, dan penyelenggaraan layanan di bandara.

Dia juga mengapresiasi tim kerja Inisiatif Rute Makkah serta sejumlah layanan yang diperuntukkan bagi jamaah haji.

Inisiatif Rute Makkah merupakan bagian dari Program Pengalaman Jamaah Haji Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi sekaligus salah satu program Visi Saudi 2030.

Inisiatif tersebut bertujuan untuk menyediakan layanan transportasi berkualitas tinggi bagi para jamaah, termasuk memfasilitasi penerimaan dan pemrosesan di negara asal mereka dengan lancar.

Inisiatif Rute Makkah diawali dengan penerbitan visa haji elektronik dan pengumpulan data biometrik, dilanjutkan dengan Direktorat Jenderal Paspor yang mengurusi prosedur masuk ke Kerajaan dari bandara keberangkatan usai memverifikasi persyaratan kesehatan.

Inisiatif Rute Makkah juga menggunakan kode bagasi dan penyortiran bagasi sesuai dengan aturan transportasi dan akomodasi di kerajaan.

Selain itu, para jamaah juga secara langsung diantarkan ke penginapan mereka di Makkah dan Madinah melalui rute khusus oleh agenda mitra yang mengurusi pengiriman bagasi mereka.

Sumber: SPA

Baca juga: Bandara Soetta meyediakan 12 fast track untuk keberangkatan haji 2024
Baca juga: Jamaah calon haji Kloter pertama tiba di Madinah

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Arie Novarina
COPYRIGHT © ANTARA 2024