Serang (ANTARA) - Ratusan jamaah haji asal Kabupaten Serang di Provinsi Banten mulai diberangkatkan ke Tanah Suci dari halaman Pendopo Bupati.

Sekda Kabupaten Serang, Nanang Supriatna di Serang, Ahad mengatakan ada 440 jamaah haji yang diberangkatkan merupakan urutan kloter lima secara nasional dan kloter satu asal Kabupaten Serang.

"Saya mewakili Ibu Bupati memberangkatkan 440 jemaah haji kloter lima nasional dan kloter pertama asal Kabupaten Serang," katanya.
 
Keseluruhan JCH asal Kabupaten Serang 1.301 orang terdiri dari empat kloter meliputi kloter lima ada 440 jamaah yang berangkat pada 12 Mei 2024 dan kembali 23 Juni 2024.
 
Selanjutnya kloter 39 berjumlah 440 jemaah berangkat 28 Mei 2024 kembali pada 10 Juni 2024, kloter 58 jumlah 440 jemaah berangkat 5 Juni 2024 dan kembali 17 Juli 2024, dan kloter 64 jumlah 12 orang berangkat pada 7 Juni 2024 kembali 19 Juni 2024.
 
Nanang memastikan persiapan pelepasan jemaah haji tentunya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya bagi seluruh jamaah haji asal Kabupaten Serang.
 
"Kita akan semaksimal mungkin berikan pelayanan sebaik-baiknya, mudah-mudahan para jemaah haji sampai ke tanah suci dan pulang dengan selamat dan tentunya menjadi haji mabrur dan mabruroh," ungkapnya.
 
Ia juga mengimbau kepada para jemaah haji bahwa, ibadah haji bukan hanya ibadah dari segi rohani melainkan juga fisik. Oleh karenanya, para jemaah agar selalu menjaga kesehatan dan kekompakan bagi sesama jemaah haji asal Kabupaten Serang.
 
"Para jemaah haji harus bisa menjaga ritme ibadah dengan baik, dan di imbangi dengan istirahat yang baik. Kita jaga baik yang muda maupun yang tua, mudah-mudahan dengan kebersihan hati pelayanan yang baik dari petugas semua jemaah bisa selamat sampai ke tanah suci dan kembali ke tanah air dengan selamat,"harapnya.
 
Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kemenag Kabupaten Serang Muhtadi mengatakan, jemaah haji kloter lima asal Kabupaten Serang yang diberangkatkan saat ini berjumlah 440 jemaah. Adapun untuk rinciannya jemaah laki-laki sebanyak 190 orang jemaah dan perempuan 250 orang jemaah.
 
"Untuk jemaah usia termuda 19 tahun atas nama Nazwa Laeli jemaah asal Kecamatan Kibin, dan usia tertua 94 tahun atas nama Jamalludin Mail sarip asal jemaah Kecamatan Pabuaran,"ujarnya.
 
"Adapun petugas kloter lima Kabupaten Serang sebanyak 10 orang terdiri dari ketua kloter satu orang, bimbingan ibadah satu orang, PHD tiga orang, TKHI tiga orang yang terdiri dari satu Dokter dan tiga Perawat dan KBIHU dua orang," katanya.
 
Sedangkan proses perjalanan jemaah haji kloter lima ini para jemaah akan tiba di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta pada pukul 11.00 WIB. Kemudian jemaah haji diberangkatkan ke Madinah pada Senin, 13 Mei pukul 08.20 WIB dengan menggunakan pesawat Saudi Arabian dan tiba di Madinah tanggal 13 Mei pukul 13.50 Waktu Arab Saudi.
 
"Para jemaah akan kembali ke tanah air Indonesia pada 23 Juni 2024 pukul 20.00 WIB," katanya.
Baca juga: Calon jamaah haji pingsan saat ikuti bimbingan manasik di Serang
Baca juga: Waka MPR minta jemaah calon haji Kota Serang jaga nama baik bangsa
Baca juga: Wali Kota Serang lepas keberangkatan 108 calon haji

Pewarta: Desi Purnama Sari
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2024