Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 1.461  penumpang tiba di Terminal Terpadu Pulogebang Cakung Jakarta Timur pada Minggu usai menikmati libur panjang Kenaikan Yesus Kristus dan cuti bersama pada 9-11 Mei 2024.

"Sebanyak 1.461 penumpang tiba di Terminal Terpadu Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur pada Minggu (12/5) siang. Jumlah ini dipastikan masih akan terus bertambah hingga malam nanti," kata Wakil Komandan Regu Terminal Terpadu Pulogebang, Badman Harahap di Jakarta, Minggu.

Ia mengatakan warga yang mudik ke sejumlah daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur sudah mulai kembali ke Jakarta.

"Sampai pukul 14.00 WIB ini, jumlah penumpang tiba mencapai 1.461, mereka tiba menggunakan 265 bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dari sejumlah daerah," kata Badman.

Ia mengatakan selain kedatangan, di terminal ini juga tercatat ada 632 penumpang yang berangkat ke sejumlah daerah menggunakan 116 bus AKAP.

"Mereka umumnya adalah warga yang telah menikmati liburan di wilayah Jakarta dan sekitarnya," kata dia.

Sementara itu, Kepala Terminal Bus Kampung Rambutan, Yulza Ramadhoni mengatakan dari pukul 07.00 WIB hingga 14.00 WIB ada 1.338 penumpang yang tiba menggunakan 157 bus AKAP.

Menurut dia mayoritas mereka datang dari sejumlah daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Sumatera.

Sedangkan yang berangkat dari terminal ini dari pukul 07.00 WIB hingga 14.00 WIB tercatat ada 315 penumpang menggunakan 48 bus AKAP.

Sementara, seorang penumpang di Terminal Bus Kampung Rambutan Nasihun (42) mengatakan berasal dari Tegal, Jawa Tengah. Ia berangkat dari Tegal sekitar pukul 07.00 WIB tadi pagi dan sampai di Terminal Kampung Rambutan pukul 14.15 WIB.

Pria yang bekerja sebagai teknisi AC ini memilih libur dengan pulang kampung halaman untuk menengok keluarganya.

Ia mengontrak rumah petak bersama rekan-rekannya di bilangan Ciracas.

"Kemarin libur panjang jadi pulang kampung. Lumayan bisa silaturahmi dengan keluarga dan bisa melepas rindu. Besok Senin sudah mulai beraktivitas seperti biasa," kata dia.
Baca juga: Terminal Kampung Rambutan membina sopir taksi konvensional
Baca juga: Pos kesehatan Terminal Pulogebang beroperasi hingga H+7 Lebaran 2024
Baca juga: Arus balik, TransJakarta beroperasi dinihari dari Terminal Pulogebang

 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2024