London (ANTARA) - Galeri Nasional (National Gallery) Inggris yang berada di London, Inggris, pada Jumat (10/5) memulai serangkaian kegiatan untuk memperingati 200 tahun pendiriannya.

Kegiatan peringatan tersebut akan diselenggarakan selama satu tahun penuh mulai Mei 2024 hingga Mei 2025, termasuk Art Road Trip lintas negeri, sebuah pameran khusus yang menampilkan 200 lukisan representatif, serta acara dan pameran daring.

Menurut situs resmi Galeri Nasional, Art Road Trip akan menghadirkan program studio seni keliling galeri ke 18 tempat di seluruh Inggris, bekerja sama dengan organisasi seni setempat untuk menciptakan proyek seni yang diprakarsai oleh komunitas.

Direktur Galeri Nasional Gabriele Finaldi mengatakan dirinya berharap dapat berbagi Galeri Nasional dengan lebih banyak orang melalui program peringatan dua abad ini.

Pada 2023, galeri tersebut menerima lebih dari tiga juta pengunjung. Jumlah itu merupakan peningkatan 14 persen dibandingkan pada 2022. Pada tahun yang sama, pameran, ceramah, dan kursus daringnya ditonton lebih dari 60 juta kali.

Galeri Nasional Inggris, yang didirikan pada 1824, merupakan museum seni terkenal di dunia yang kaya akan koleksi. Museum ini memiliki lebih dari 2.300 karya seni yang berasal dari abad ke-13 hingga abad ke-19.  

Pewarta: Xinhua
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2024