Lubuk Basung,- (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat mendirikan tiga posko kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi warga yang terdampak banjir lahar dingin Gunung Marapi, Senin.
 
Kepala Dinas Kesehatan Agam Hendri Rusdian di Lubuk Basung, Senin, mengatakan tiga posko kesehatan itu didirikan di Bukit Batabuah, Galuang Sungai Pua dan Ampek Koto.
 
"Bukik Batabuah merupakan posko induk dan posko kita dirikan sampai beberapa hari ke depan," katanya.
 
Ia mengatakan masing-masing posko terdiri atas tim kesehatan berupa satu dokter, dua paramedis, mobil ambulans dan obat-obatan.
 
Tim medis tersebut piket dua shift. Untuk shift pertama pada pukul 09.00 WIB sampai 17.00 WIB dan shift kedua pada pukul 17.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB.
 
"Pelayanan kesehatan dua shift dan kita menyiapkan dokter, paramedis, ambulans dan obat-obatan," katanya.
 
Ia menambahkan pelayanan yang diberikan di posko kesehatan berupa pelayanan pengobatan, tindakan-tindakan ringan penanganan luka dan penyuluhan kesehatan.
 
"Pelayanan tersebut secara gratis atau tanpa biaya sepersen pun," katanya.
 
Ia mengakui empat kecamatan berdampak banjir lahar dingin Gunung Marapi yang terjadi akibat curah hujan cukup tinggi, Sabtu (11/5). Ke empat kecamatan itu yakni, Kecamatan Sungai Pua, Canduang, Ampek Angkek dan Ampek Koto.
 
"Saat ini tim gabungan masih melakukan upaya dalam membersihkan material, penanggulangan dan lainnya," katanya.
 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Riza Mulyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024