Pangkalpinang (ANTARA) - Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memantau kesehatan jamaah calon haji, guna memastikan kelayakan kondisi kesehatan calhaj dalam menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Makkah.

"Hari ini, tiga orang tim kesehatan mendatangi rumah salah seorang calhaj di Bangka Selatan," kata Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Babel H Rebuan di Pangkalpinang, Senin.

Ia menyatakan pemantauan dan pemeriksaan kesehatan calhaj ini, guna memastikan kondisi kesehatan, apakah laik untuk terbang atau tidak untuk melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci Makkah.

"Hari ini kepastiannya, apakah kesehatan calhaj di Bangka Selatan baik atau tidak. Namun demikian, kita berharap calhaj ini bisa menunaikan ibadah haji tahun ini," katanya.

Ia menyatakan apabila kondisi kesehatan calhaj ini tidak memungkinkan untuk berangkat menunaikan ibadah haji, maka Kanwil Kemenag Kepulauan akan segera melaporkan Sistem Pengelolaan Data dan Informasi Penyelenggaraan Ibadah Haji (Sikohat) Kemenag untuk pembatalan Visa.

Baca juga: PPIH Embarkasi Batam terima bantuan tambahan lima unit kursi roda

"Kita harus menyampaikan perkembangan kesehatan calhaj ini ke Sikohat untuk menerbitkan ataupun pembatalan Visa calhaj tersebut," katanya.

Menurut dia pemantauan dan pemeriksaan kesehatan calhaj sebelum pemberangkatan haji ini sangat penting, agar pelaksanaan ibadah haji di tanah suci berjalan dengan baik dan lancar.

"Ibadah haji itu, fisik harus sehat pada tempat dan waktu tertentu dalam melaksanakan ibadah haji, agar fisik sehat maka kesehatan harus dijaga terutama bisa mengendalikan pola fikir untuk selalu optimis," katanya. ***3***

Baca juga: Seorang calon haji Kepri tunda keberangkatan karena hipertensi

Pewarta: Aprionis
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2024