Moskow (ANTARA) - Presiden Rusia Vladimir Putin pada Minggu (12/5) mengusulkan penunjukan Wakil Perdana Menteri Rusia Andrei Belousov, sebagai Menteri Pertahanan Rusia yang baru.

Andrei Belousov akan menggantikan Sergei Shoigu, yang kini ditunjuk sebagai Kepala Dewan Keamanan Rusia.

Pemerintah Rusia di Kremlin menerangkan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin menandatangani surat keputusan untuk menunjuk Sergei Shoigu sebagai Kepala Dewan Keamanan Federasi Rusia.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, dalam menanggapi fakta bahwa calon menteri pertahanan baru adalah warga sipil, mengatakan bahwa Belousov telah mengepalai Kementerian Pembangunan Ekonomi Rusia selama bertahun-tahun, dan telah lama menjadi penasihat Putin untuk masalah ekonomi.

"Kementerian Pertahanan harus benar-benar terbuka terhadap inovasi dan penerapan semua gagasan maju. Kementerian Pertahanan harus menciptakan kondisi yang mendukung daya saing ekonomi. Inilah sebabnya presiden memilih pencalonan Andrei Removich Belousov," kata Peskov.

Sementara itu, Shoigu akan terus bertanggung jawab pada Layanan Federal Rusia untuk Kerjasama Teknik Militer, dan menjabat sebagai deputi presiden di Komisi Industri Militer negara tersebut, tambah Peskov.

“Shoigu akan terus bekerja di bidang ini, yang dia kenal dan ketahui dengan betul-betul, bersama dengan rekan-rekan dan mitranya dari tempat kerjanya sebelumnya,” kata juru bicara tersebut.

Pendahulu Shoigu yang menjabat sebagai Ketua Dewan Keamanan Rusia, Nikolai Patrushev, telah dibebastugaskan, kata Peskov.

Ia menambahkan bahwa posisi baru Patrushev akan diumumkan pada kemudian hari.

Sumber: Sputnik-OANA

Baca juga: NATO tampik ancaman militer Rusia terhadap aliansi tersebut
Baca juga: Menhan Rusia sebut Kiev kehilangan 111 ribu tentara selama 2024

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2024