Cianjur (ANTARA) - Bupati Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Herman Suherman melepas 440 calon haji yang berangkat menuju tanah suci dalam kloter pertama Cianjur atau kloter 7 nasional didampingi delapan orang petugas haji, Senin.

"Kami meminta jamaah calon haji untuk menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah haji dan mendoakan kemajuan Cianjur serta dijauhkan dari bencana," katanya.

Herman menjelaskan tahun ini, kuota haji untuk Cianjur mengalami peningkatan menjadi 1.436 atau penambahan sekitar 100 orang, sehingga pihaknya berharap tahun depan jumlah jamaah calon haji kembali mendapat penambahan dari pemerintah pusat, sehingga antrean tidak terlalu lama.

"Kami akan berupaya agar setiap tahun ada tambahan kuota jamaah calon haji untuk Cianjur, sehingga antrean warga yang dapat menjalankan ibadah ke tanah suci tidak terlalu lama," katanya.

Baca juga: Dua orang calon haji asal Cianjur batal berangkat

Baca juga: 440 calon haji Cianjur berangkat ke Tanah Suci pada 13 Mei


Kasi Haji Kementerian Agama Kabupaten Cianjur, Rian Fauzi, mengatakan jumlah jamaah calon haji asal Kabupaten Cianjur pada 1445 H/2024 seluruhnya 1.436 orang dan terbagi dalam empat kelompok terbang.

"Hari ini kloter pertama yang berangkat sebanyak 440 orang terdiri dari 432 calon haji, dan delapan orang petugas haji, dilepas langsung Bupati Cianjur dan Forkopimda Cianjur," katanya.

Berdasarkan hasil pengecekan kesehatan, sebanyak 440 jamaah calon haji dan pendamping sudah menjalani tes kesehatan dan dinyatakan sehat, sehingga mereka diminta untuk tetap menjaga kesehatan selama berada di tanah suci.

"Bagi jamaah calon haji yang mengeluhkan sakit akan mendapat pendampingan dari petugas medis yang dilibatkan sebagai petugas haji, harapan kami seluruh jamaah calon haji asal Cianjur dalam kondisi sehat saat berangkat sampai pulang ke tanah air," katanya.

Jamaah calon haji juga diminta tetap menjaga kondisi fisik selama menjalankan rangkaian ibadah haji dan sering meminum air agar tidak mengalami dehidrasi karena saat ini kondisi cuaca di tanah suci cukup panas.*

Baca juga: Kemenag: Antrean calon haji di Cianjur-Jabar 20 tahun

Baca juga: Kemenag Cianjur catat haji meninggal bertambah jadi 7 orang

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2024