Padang Pariaman (ANTARA) - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengungkapkan pencarian para korban banjir lahar hujan yang hilang di Sumatera Barat (Sumbar) lebih produktif jika mulai dilakukan saat pagi hingga siang hari.

"Pagi-pagi sekali hingga setidaknya pukul 14.00 WIB semua kegiatan di lapangan harus selesai, karena lebih dari itu diprakirakan cuaca akan turun hujan sedang-lebat," kata dia di Padang Pariaman, Sumatera Barat, Senin.

Ia meminta rekomendasi waktu pencarian ini harus benar-benar diperhatikan oleh tim lapangan Basarnas, TNI/Polri yang bertugas menjelajah untuk mencari korban pada wilayah sekitar lereng perbukitan, terlebih yang beririsan langsung dengan Gunung Marapi, seperti Kabupaten Agam dan Lembah Anai, Kabupaten Tanah Datar.

Hal demikian dikarenakan BMKG menilai saat hujan mengguyur maka dikhawatirkan sisa lahar yang mengendap di Gunung Marapi akan kembali terbawa dan memicu bencana banjir susulan di wilayah itu.

Ia menyebutkan potensi banjir bercampur lahar hujan susulan itu mungkin terjadi dan dampaknya juga diperkirakan lebih besar hingga mampu menggelontorkan batu berdiameter 2-3 meter ke bawah dengan cepat karena telah tercipta pola aliran saat bencana sebelumnya, Sabtu (11/5).

Kondisi ini dipertegas pula melalui hasil analisa Tim Meteorologi BMKG yang mendapati hujan dengan intensitas sedang, lebat-sangat lebat di atas 130 mm/hari masih akan berlangsung setidaknya dalam satu pekan ke depan di wilayah itu.

"Analisa kami akan disampaikan setiap harinya, bahkan ada prediksi cuaca per tiga jam ke depan karena kita semua tidak ingin justru timbul korban baru," ujarnya.

Baca juga: 254 warga Ampek Angkek Agam terdampak banjir bandang Gunung Marapi

Ia menyebutkan bila terdeteksi ada potensi hujan lebat maka otoritas terkait harus cepat mengambil keputusan apakah butuh dilakukan evakuasi terhadap warga dari setiap kabupaten kota terdampak yang berada di wilayah aliran itu.

Data Kantor SAR Sumatera Barat melaporkan sampai dengan Senin, pukul 13.00 WIB, tercatat 15  korban banjir lahar hujan yang hilang.

Untuk Kabupaten Tanah Datar ada 12 orang korban hilang dengan identitas masing-masing;
Sukmi Cai Nova, Nurbaidar, Rusdi, Nurbaini,
Dahniar, Baherma, Alimudin, Rona Susansti,
Adiwarman, Yusuf dan dua orang lainnya masih dalam pendataan.

Untuk Kabupaten Agam ada tiga korban hilang dengan nama masing-masing Sahar, Am, dan Halimahtusadiah warga Kecamatan Candung.

Untuk jumlah korban meninggal dunia dalam bencana ini terdata dari Kabupaten Agam, Tanah Datar, Kota Padang Panjang dan Padang Pariaman total 44 orang atau bertambah satu orang dari jumlah sebelumnya.

Baca juga: Pemkab Agam dirikan dapur umum bagi 1.500 korban banjir Gunung Marapi
Baca juga: TNI AL kirim satgas bantu SAR korban banjir bandang Gunung Marapi
Baca juga: BNPB: Pembentukan posko utama maksimalkan koordinasi bencana di Sumbar

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2024