Jakarta (ANTARA) - Berbagai berita humaniora menarik dari Senin (13/5 masih dapat dibaca kembali hari ini, seperti BMKG Yang menyebut rentetan getaran gempa di Sumatra Barat memperbesar risiko kerawanan longsor.

Ada juga rekomendasi BMKG untuk memodifikasi cuaca Sumbar, Kementerian Agama berikan layanan khusus bagi 45.678 calon haji lansia, BKKBN tekankan pentingnya KB untuk kualitas SDM, serta Baznas menargetkan empat juta per kurban di Indonesia pada 2024​​​​​​​

Selengkapnya dapat dibaca di bawah ini.

1. BMKG: Rentetan getaran gempa perbesar kerawanan longsor di Sumbar

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan rentetan getaran gempa satu bulan terakhir di Sumatera Barat (Sumbar) kian memperbesar tingkat kerawanan daerah itu dilanda bencana tanah longsor.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan satu bulan terakhir periode April – Mei aktivitas gempa kerak dangkal-sesar aktif (shallow crustal earthquake) terpantau sangat aktif di Sumatera Barat.

2. BMKG rekomendasikan modifikasi cuaca di Sumatera Barat

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merekomendasikan untuk segera dilakukan teknologi modifikasi cuaca (TMC) untuk mengurangi potensi hujan deras dan kebencanaan di wilayah Sumatera Barat.

“Berdasarkan hasil analisa dan kondisi yang terjadi di Sumatera Barat saat ini, rekomendasi kami memohon kepada pihak berwenang untuk segera melakukan TMC,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers virtual yang diikuti dari Padang Panjang, Sumatera Barat, Minggu (12/5) malam.

3. Kemenag sediakan layanan khusus bagi 45.678 calon haji lanjut usia

Kementerian Agama (RI) telah menyediakan sejumlah layanan khusus yang diberikan kepada sebanyak 45.678 calon haji lanjut usia pada musim haji 1445 Hijriah/2024 Masehi ini.

Sejumlah ikhtiar yang dilakukan di antaranya seperti menempatkan calon haji pada kursi prioritas (bisnis) saat dalam penerbangan, baik menuju ke Tanah Suci atau nanti ketika balik ke tanah air, serta membuka kuota pendamping jamaah lansia.

4. BKKBN tekankan pentingkan KB untuk kualitas SDM

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dr Hasto menekankan pentingnya keluarga berencana (KB), untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Yang menjadi kekhawatiran adalah kualitas SDM. Walaupun tinggal di daerah hulu, tetap saja masyarakatnya harus hebat," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

5. Baznas targetkan empat juta per kurban di Indonesia pada 2024

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menargetkan sebanyak empat juta pekurban dalam Program Kurban Berkah Baznas 2024 pada tahun ini.

Jumlah tersebut diperoleh berdasarkan total kurban yang dihimpun oleh Baznas di seluruh cabang di Indonesia, dengan rincian 9.000 kurban setara kambing/domba di Baznas Pusat, 350.000 ekor kambing/domba di Baznas Daerah, 350.000 kurban setara kambing/domba di Lembaga Amil Zakat (LAZ) di seluruh Indonesia, serta kurban umat di masjid dan komunitas sebanyak 3,3 juta kurban setara kambing/domba.
​​​​​​​


Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2024