Jakarta (ANTARA) - Petenis unggulan tunggal putri Indonesia berhasil melewati babak pertama turnamen tenis junior dunia bertajuk Detec International Junior Championships, sementara unggulan putra memasuki babak utama, Selasa.

Bertanding di lapangan tenis GOR PKPSO Kaliwates, Jember, Jawa Timur, Senin (13/5), andalan Indonesia Cylova Zuleyka Hukmasabiyya, yang menempati posisi unggulan kedua, sukses memenangi duel senegara atas Febyaro Ribby Santara, 6-2, 6-0.

"Alhamdulillah bisa menang atas Ribby meski masih penyesuaian dengan kondisi lapangan karena baru pertama kali main di Jember," kata peringkat 823 junior dunia itu dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.

Pada babak kedua, Selasa (14/5), Cylova yang membidik lolos ke babak final seri pertama turnamen level ITF J30 itu bakal meladeni wakil China Zitong Yang yang mengandaskan harapan tuan rumah Milanesa Briana Susanto di laga pembuka, 6-4, 6-1.

Baca juga: Petenis junior dari 17 negara ikuti turnamen ITF J30 di Jember

"Semoga bisa bermain lebih baik di babak kedua karena sudah lebih mengenal karakter lapangan pertandingannya," ujar siswi kelas XI SMA Negeri 2 Serang, Banten, itu..

Wakil Merah Putih yang berposisi sebagai unggulan ketiga dan keempat, Anjali Kirana Junarto dan Shinar Zahra Shukayna Her Sunggoro juga melaju ke babak perdelapan final.

Anjali (ITF Junior 938) membuat dobel bagel, membungkam petenis China Ai Teng 6-0, 6-0. Selanjutnya, Anjali bakal menghadapi KA Aadirai (India) yang menang atas Kayla Ruth Santosa (Indonesia) 6-2, 6-4.

Shinar (1224) menyingkirkan Tanisha Kantam (Singapura) 6-2, 6-2. Berikutnya, ia akan terlibat bentrok dengan kompatriotnya, Kaylee Tandjung yang menang atas Jahnavi Chowdary Madaramittla (India) 6-4, 6-1.

Sementara itu, non-unggulan Lailatul Fajria berhasil membuat kejutan dengan membekap unggulan kedelapan asal Singapura, Kai Ning Chanya Ng. Petenis kidal dari Sukoharjo, Jawa Tengah, itu memenangi laga rubber set, 6-4, 4-6, 6-4.

Pada perdelapan final, Lailatul akan menantang Jiaying Zhu dari China yang mengalahkan petenis Jember, Jawa Timur, Dhea Bella Puspita Putri 6-3, 6-1.

Di kelompok putra, 16 petenis unggulan mendapatkan bye di babak pertama dan langsung melaju ke babak 32 besar, Selasa.

Andalan Indonesia yang menempati unggulan pertama Aldhito Ramadhan Dwi Kurniawan (639) akan meladeni rekan senegaranya Eric Mathew Gunawan yang menghempaskan wakil Jepan Shun Ohsuna 5-7, 6-0, 6-2.

Unggulan kedua Rafalentino Ali Da Costa juga bakal terlibat duel dengan kompatriotnya, Joseph Owen Lauw yang mengempaskan petenis kualifikasi dari India Anirudh Palanisamy 6-2, 6-2.

Baca juga: Jadwal Senin: babak utama ITF J30 Jember hingga 16 besar Italian Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2024