Jakarta (ANTARA) - Pemerintah menggelar peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Surakarta, Jawa Tengah pada 15-18 Mei 2024.

Ketua Harian Dekranas Tri Suswati Tito Karnavian mengatakan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan istri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Wury Ma'ruf Amin akan hadir dalam kedua agenda tersebut.

"Akan mengundang seluruh pengurus, mengundang Ibu Negara, Ibu Ketua Umum Dekranas yaitu Ibu Wury Ma'ruf Amin beserta pengurus Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), pengurus pusat Dekranas, juga ketua-ketua Dekranas maupun Ketua PKK seluruh Indonesia," kata Tri dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Menurutnya, Kota Surakarta sudah dipilih sebagai lokasi peringatan HUT Ke-44 Dekranas sejak Mei tahun lalu. Adapun tuan rumah acaranya, yakni Dekranasda Provinsi Jawa Tengah.

Dia menambahkan acara perayaan HUT Ke-44 Dekranas dan peringatan HKG Ke-52 PKK diselenggarakan secara bersama karena pertimbangan efisiensi waktu dan tempat.

“HUT Dekranas dirayakan tiap 3 Maret, HKG PKK tiap 4 Maret. Kebetulan saya Ketua Harian Dekranas sekaligus Ketua Umum PKK, untuk efisiensi dalam segala hal, kami memutuskan untuk mengadakan kedua acara itu satu tempat yang sama di Surakarta dan dalam waktu yang sama juga,” ungkapnya.

Tri juga menyampaikan bahwa kedua acara perayaan ini digelar dengan sangat berbeda dari tahun sebelumnya di Medan, Sumatera Utara.

Perayaan kali ini dimeriahkan dengan berbagai macam kegiatan yang akan menghimpun lebih banyak orang. Sebab, selain parade, juga akan ada berbagai pameran dan panggung kesenian dalam acara tahun ini.

“Acara dimulai pada 15-18 Mei 2024, tapi pada malam 14 Mei 2024 akan ada makan malam bersama di Pracima Tuin Mangkunegaran, yang akan dihadiri oleh Ibu Negara Iriana Jokowi dan Ibu Wakil Presiden Wury Maruf Amin,” jelas Tri.

Selain itu, ia beralasan pihaknya memilih Surakarta, karena merupakan tempat yang mudah dijangkau oleh banyak daerah lainnya di Indonesia. Kemudian, secara sarana dan prasarana pendukung, Surakarta dinilai sangat layak dan siap untuk menggelar perhelatan besar.

“Sebelum-sebelumnya, acara seperti ini memang kami dari pusat yang menentukan. Dan lebih sering digelar di Jakarta. Tapi karena pandemi COVID-19 kemarin yang menurut kami banyak terdampak adalah perajin-perajin di daerah, maka kami adakan di daerah, yaitu di Medan. Dan selesai dari Medan itu, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah meminta agar tuan rumah selanjutnya adalah Jawa Tengah khususnya Surakarta, maka kami gelar di Surakarta,” tambah dia.

Dirinya pun meminta maaf kepada masyarakat Surakarta, karena selama gelaran itu akan dipadati pengunjung dari berbagai daerah seluruh Indonesia.

Ia berharap masyarakat Surakarta dapat terhibur serta berpartisipasi dalam perayaan HUT Ke-44 Dekranas dan peringatan HKG Ke-52 PKK nantinya.

Berikut Rangkaian HUT Ke-44 Dekranas di Surakarta:
1. Syukuran dan pembukaan Expo HUT Dekranas di Alila Hotel Surakarta, Rabu (15/5/2024).
2. Parade mobil hias, kriya, dan budaya Dekranas di Stadion Sriwedari-Balai Kota Surakarta, Rabu (15/5/2024).
3. Peragaan busana kain nusantara di Taman Sriwedari, Surakarta, Rabu (15/5/2024).
4. Expo produk UMKM binaan Dekranas dan Dekranasda di Pamedan Pura Mangkunegaran, Rabu - Sabtu (15-18/4/2024).
5. Malam puncak HUT Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga di Pamedan Pura Mangkunegaran, Kamis (16/5/2024).
6. City tour di Kota Surakarta, Jumat (17/5/2024).
7. Acara penutupan HUT Dekranas di Pamedan Pura Mangkunegaran, Sabtu (18/5/2024).

Berikut rangkaian acara HKG Ke-52 PKK di Surakarta:
1. Jambore Nasional Kader PKK, tanggal 14-16 Mei 2024 pukul 09.00 - selesai.
2. Lomba Paduan Suara PKK Nasional. Lomba ini akan diikuti oleh PKK Provinsi seluruh Indonesia, tanggal 14 Mei 2024 di Gedung Kesenian Balekambang.
3. Lomba Memasak Menu Pangan Lokal Sumber Karbohidrat Non-Beras, tanggal 14 Mei 2024 di Gedung Gastronomi yang diikuti oleh Pengurus TP PKK Provinsi.
4. Lomba Senam Kreasi 6 Langkah Cuci Tangan diikuti oleh perwakilan pengurus TP PKK tingkat Provinsi, tanggal 14 Mei 2024 di Amphitheater Puro Mangkunegaran.
5. Welcome Dinner yang akan diikuti seluruh peserta dan para undangan, tanggal 14 Mei 2024 pukul 19.00-21.00 di Pracima Tuin Pura Mangkunegaraan.
6. Lomba Parade Budaya Nusantara, tanggal 16 Mei 2024 mulai pukul 14.30-18.00, diikuti 25 orang peserta defile dari masing-masing provinsi. Titik start di Stadion Sriwedari dan finish di Balaikota Surakarta.
7. Lomba Kreasi Jingle "Gelari Pelangi" di Taman Balekambang, tanggal 16 Mei 2024, pukul 08.00-selesai yang diikuti perwakilan pengurus TP PKK Provinsi.
8. Lomba Cerdas Cermat Kader PKK yang diikuti perwakilan pengurus TP PKK Provinsi, tanggal 16 Mei 2024 mulai pukul 08.00–selesai di Gedung Gastonomi.
9. Malam Puncak Acara HKG ke-52 PKK, pengumuman pemenang lomba sekaligus pemberian apresiasi pelaksana dan program unggulan dan kegiatan yang telah dilakukan baik kelompok maupun perorangan, tanggal 16 Mei 2024 pukul 18.00–selesai di Taman Balekambang.
Baca juga: Puncak HUT Ke-44 Dekranas akan diselenggarakan di Surakarta
Baca juga: Wury Ma'ruf Amin: Dekranas tiang pengembangan kerajinan nasional
Baca juga: Dekranas siapkan pameran hingga parade budaya untuk perayaan HUT
Baca juga: HUT Ke-43 Dekranas di Medan dihadiri Ibu Negara berlangsung meriah

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2024