Depok (ANTARA) - Dua mahasiswa Universitas Indonesia (UI) meraih gelar Mahasiswa Sarjana Berprestasi Terbaik I dan Mahasiswa Diploma Berprestasi Terbaik II dalam ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tingkat Wilayah di Lingkungan Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III Jakarta tahun 2024.

Adnan Hasyim Wibowo, mahasiswa Program Studi Geofisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UI, dinobatkan sebagai Mahasiswa Sarjana Berprestasi Terbaik I.

Adnan di kampus UI Depok, Selasa mengatakan bahwa selama seleksi Pilmapres dosen-dosen dari Program Studi Geofisika dan Biologi FMIPA UI serta teman-teman diantaranya dari FMIPA UI, Fakultas Kedokteran Gigi UI dan Fakultas Ilmu Komputer UI yang telah mendukung dan berperan dalam membantu persiapan.

“Harapan ke depannya, pada tingkat nasional dapat memberikan hasil yang maksimal dan membanggakan sehingga bisa lebih banyak kebermanfaatan yang berikan dan kebahagiaan yang bisa dibagikan,” kata Adnan.

Baca juga: Tiga mahasiswa UI raih beasiswa Shinhan Bank Korea Selatan

Sementara, Futihat juga menyampaikan bahwa dalam pencapaiannya mendapatkan dukungan luar biasa dari Program Pendidikan Vokasi UI dalam persiapan.

“Aku bersyukur dikelilingi oleh dosen-dosen pembimbing, yang memberi masukan dan dikelilingi oleh teman-teman yang supportif dan selalu mendoakan," katanya.

Sementara Futihat Nurul Karimah, mahasiswa Program Studi Hubungan Masyarakat, Program Pendidikan Vokasi UI, dinobatkan sebagai Mahasiswa Diploma Berprestasi Terbaik II.

Keduanya berhasil menjadi Mahasiswa Terbaik dari 25 finalis yaitu 16 finalis untuk Tingkat Sarjana dan 9 finalis untuk Tingkat Diploma.

Komponen penilaian Pilmapres mencakup poster Deskripsi Diri dan Gagasan Kreatif untuk Program Sarjana serta poster Deskripsi Diri dan poster Produk Inovatif untuk Program Diploma.

Penilaian komponen Mahasiswa Berprestasi mencakup capaian unggulan, naskah gagasan kreatif dan inovatif serta kemampuan bahasa Inggris.

Dewan juri Dr.rer.pol. Ied Veda Rimrosa menyampaikan evaluasi dari para calon mahasiswa berprestasi dari aspek pengetahuan, keterampilan, dan keterampilan hidup diantaranya komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, kreativitas dan kemampuan mahasiswa dalam bahasa Inggris.

“Dalam penyampaian yang juga menjadi penilaian adalah confidence, yang kedua adalah komunikasi baik komunikasi verbal maupun non-verbal, bahasa tubuh yang seringkali terlupa karena mungkin sibuk memikirkan kata apa yang keluar atau berusaha meyakinkan para juri," katanya.

Adapun dewan juri lainnya pada Pilmapres Tingkat Wilayah di LLDikti Wilayah III diantaranya Prof. Dr. Teddy Mantoro dari Universitas Sampoerna; Prof. Dr. Suswandari M. Pd dari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka; Dr. Wachyu Hari Haji, S.Kom., M.M. dari Universitas Bina Nusantara; Dr. Tipri Rose Kartika dari Politeknik Negeri Media Kreatif dan Dr. Dora Angelina Siagian, S.Pd., M.Hum dari Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Baca juga: Dirjen Diktiristek tinjau pelaksanaan UTBK-SNBT 2024 di UI

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2024