Jakarta (ANTARA) - Berbagai berita ekonomi pada Selasa (14/5) masih layak untuk dibaca, mulai dari kepastian Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif untuk melanjutkan kebijakan gas murah, hingga kemungkinan resesi Indonesia berada di angka sekitar 1,5 persen.

Berikut rangkuman berita Selasa (14/5) yang layak disimak lagi pada Rabu ini:


Menteri ESDM pastikan kebijakan harga gas murah dilanjutkan

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memastikan kebijakan Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) atau harga gas murah di bawah 6 dolar AS per MMBTU bagi tujuh kelompok industri akan dilanjutkan.

“Terus. (HGBT) terus jalan,” ujar Arifin ketika ditemui di Tangerang, Banten, Selasa.

Baca selengkapnya di sini


PUPR mengerahkan alat berat tangani banjir lahar dingin di Sumbar

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bergerak cepat mengerahkan alat-alat berat untuk membantu penanganan darurat bencana banjir lahar dingin yang terjadi di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Keterpaduan Pembangunan Kementerian PUPR Maulidya Indah Junica mengatakan alat berat yang dikerahkan difokuskan untuk membersihkan material lumpur dan material vulkanik Gunung Marapi serta membuka jalan akses untuk mengalirkan bantuan dan logistik.

Baca selengkapnya di sini


Kemenkop UKM ajak startup bertemu global venture capital

Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) mengajak beberapa startup yang telah terkurasi untuk bertemu global venture capital untuk memperluas akses pembiayaan mereka.

Deputi Bidang Kewirausahaan Kemenkop UKM Siti Azizah dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa, mengatakan Indonesia memiliki 2.605 startup dan menjadi negara keenam dengan jumlah startup terbanyak di dunia.

Baca selengkapnya di sini


Gitar Indonesia catat transaksi potensial Rp15,5 miliar di Jepang

Kementerian Perdagangan menyebut produk gitar asal Indonesia berhasil mencatatkan transaksi potensial sebesar 963 ribu dolar AS atau senilai Rp15,5 miliar pada pameran Sound Messe in Osaka 2024 - Osaka Guitar Show ada 11-12 Mei 2024 di ATC Hall, Osaka, Jepang.

Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Osaka Didit Akhdiat Suryo mengatakan, pameran ini merupakan ajang yang tepat untuk mempromosikan produk alat musik, khususnya gitar akustik dan listrik asal Indonesia ke pasar Jepang.

Baca selengkapnya di sini


Airlangga sebut kemungkinan RI resesi hanya 1,5 persen

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, kemungkinan Indonesia mengalami resesi ekonomi hanya sekitar 1,5 persen.

Probabilitas tersebut lebih kecil bila dibandingkan negara-negara lain seperti Jerman yang 60 persen, Italia (55 persen), Inggris (40 persen), Australia (32,5 persen), Amerika Serikat (30 persen) Thailand (30 persen), Rusia (17,5 persen), Korea Selatan (15 persen), China (12,5 persen).

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2024