Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 449 orang jamaah calon haji Riau melakukan sujud syukur setelah tiba di Bandara Internasional Amir Muhammad Bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, sekaligus menjadi jamaah calon haji pertama Riau/embarkasi Batam (BTH)-03 tiba di tanah suci.

Menurut laporan Ketua Kloter BTH-03 Afderl Darius melalui Humas Kemenag Riau, kloter 03 BTH sudah mendarat di Bandara AMAA Madinah pada pukul 12:38 WAS dalam keadaan selamat dan pada saat ini seluruh jamaah sudah menempati kamar masing-masing yaitu di Hotel Wardet Assaadah sebanyak 277 orang dan hotel Louloat Addiyafa 172 orang.

"Alhamdulillah, jamaah kita pada kloter BTH-03 telah selamat sampai di Madinah dan sudah menempati hotel, pesan saya manfaatkan waktu di Madinah untuk beribadah di Masjid Nabawi dan berziarah dengan tidak melakukan hal-hal yang dilarang Pemerintah Arab Saudi," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau H. Muliardi di Pekanbaru, Rabu.

Muliardi mengingatkan jamaah untuk menjaga kesehatan dan stamina karena cuaca di Madinah cukup panas.

"Tetap jaga kesehatan, memakai alas kaki dan pelindung dari paparan cahaya matahari secara langsung, jangan sampai menanggalkan tanda pengenal diri seperti gelang dan dokumen lain sesuai arahan petugas," katanya.

Khusus untuk petugas kloter, ketua rombongan dan ketua regu, agar selalu menjaga kekompakan, berkoordinasi dengan jemaah, berikan bantuan dan layanan terbaik khususnya kepada jamaah lansia.

Sebab, katanya, ketika jauh dari saudara dan negara, maka teman-teman satu kloter itu merupakan saudara kita, maka harus saling tolong menolong di antara sesama, saling mengingatkan untuk kebaikan. Apalagi peluang menuju tanah suci ini harus menunggu antrean yang lama.

Baca juga: Sebanyak 450 calon haji Kloter Tiga Riau tiba di Batam 
Baca juga: 5.318 jamaah calon haji Riau berangkat pada dua gelombang
Baca juga: Jamaah diminta tak menahan buang air kecil selama di pesawat



 

Pewarta: Frislidia
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2024