Jakarta (ANTARA) - Kondisi lalu lintas dari Jalan Yos Sudarso menuju kawasan Pelabuhan Peti Kemas Tanjung Priok Jakarta Utara yang sebelumnya macet parah, sejak pukul 11.40 WIB sudah normal.

"Kondisi lalu lintas sudah kembali normal pukul 11.40 WIB," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Utara Kompol Edy Purwanto di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan antrean truk trailer yang panjang pada Rabu pagi sudah terurai dan akses masuk ke pelabuhan sudah kembali normal.

"Semua sudah berjalan normal kembali," kata dia.

Sebelumnya kemacetan panjang terjadi dari Jalan Yos Sudarso menuju kawasan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara pada Rabu pagi.

Baca juga: "Gate" pelabuhan eror jadi penyebab macet panjang di Tanjung Priok

Bahkan sejumlah sopir truk trailer yang ada di jalan tersebut turun dan mematikan mesin mobil mereka karena antrean kemacetan yang cukup panjang.

Sementara itu hal sebaliknya terjadi di Jalan Yos Sudarso dari arah Pelabuhan Tanjung Priok menuju Kelapa Gading berjalan lancar dan tiada kemacetan.

Kompol Edy Purwanto mengatakan gerbang (gate) masuk ke kawasan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara yang bermasalah sehingga berdampak pada kemacetan panjang di sepanjang jalan arteri kawasan tersebut.

"'Gate' yang seharusnya otomatis eror dan dibuat manual sehingga memakan waktu lama untuk melayani truk trailer masuk ke kawasan pelabuhan," kata dia.

Selain itu, lanjutnya saat ini ada lima kapal barang yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok yang menyebabkan mobil truk trailer antre untuk memindahkan barang dari kapal ke mobil.

Baca juga: Legislator optimis Jakarta bebas macet dan polusi usai IKN pindah

Menurut dia, kedua hal ini ini berimbas ke jalan arteri yang ada di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok pada Rabu pagi.

Selain itu padatnya aktifitas warga yang berangkat kerja membuat volume kendaraan meningkat sehingga terjadi kemacetan panjang.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Polres Pelabuhan dan melakukan upaya pengaturan lau lintas," kata dia.

Sebelumnya Corporate Communication Team PT Pelindo Solusi Logistik (PSL) Rizal Fauzy menyatakan penyebab kemacetan panjang di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara pada Rabu pagi akibat gerbang masuk ke pelabuhan yang eror.

"Hasil konfirmasi tim di lapangan, penyebab kemacetan memang benar terjadi akibat sistem gate yang eror,"kata Corporate Communication Team PT Pelindo Solusi Logistik (PSL) Rizal Fauzy.

Baca juga: Legislator sebut pembatasan kendaraan pribadi solusi atasi macet 

Ia mengatakan sistem gate yang biasanya otomatis eror sehingga menimbulkan antrean panjang truk trailer.

"Informasi yang kami dapat gate JICT," kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2024