Pontianak (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) bekerja sama dengan EMGS (Education Malaysia Global Services) menggelar Global Education Fair untuk memberikan informasi kepada siswa dan masyarakat Kalbar terkait peluang beasiswa dan perguruan tinggi yang sesuai dengan pilihan mereka.

"Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 12 sampai 13 Juni 2024 di Pontianak Convention Center. Dengan mengusung tema "Explore Opportunities Worldwide,". Pameran pendidikan ini bertujuan membantu  pelajar dan calon mahasiswa mendapatkan informasi akurat tentang pendidikan tinggi di Indonesia dan luar negeri," kata Kepala Dinas Pendidikan Kalbar, Rita Hastarita di Pontianak, Rabu.

Dia menjelaskan, pameran ini akan diikuti oleh 10 perguruan tinggi dari Indonesia dan 15 perguruan tinggi dari Malaysia, kemudian juga di ikuti oleh vendor teknologi pendidikan, serta sekolah SMA/SMK/SLB se-Kalimantan Barat.

Disdikbud Kalbar telah menyiapkan 60 booth indoor untuk perguruan tinggi dan vendor pendidikan, 40 booth outdoor untuk sekolah, 12 booth sponsorship, serta 12 booth UMKM kuliner yang bertemakan Kantin Sekolah.

"Global Education Fair bertujuan menyediakan platform bagi perguruan tinggi untuk memberikan informasi lengkap mengenai lokasi, mutu pendidikan, program studi, keunggulan, biaya pendidikan, serta peluang kerja di masa depan. Kegiatan ini juga menjadi wadah interaksi langsung antara orang tua calon mahasiswa dan penyelenggara pendidikan dari Indonesia dan Malaysia," tuturnya.



Pameran ini memiliki berbagai manfaat, termasuk memotivasi siswa untuk meraih beasiswa internasional, belajar giat untuk mencapai hasil optimal, dan memilih jurusan yang tepat sesuai minat dan kemampuan. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan wawasan siswa mengenai peluang pendidikan tinggi di luar negeri.

Untuk memeriahkan acara, Disdikbud Kalbar juga menyiapkan panggung kreativitas bagi siswa SMA/SMK/SLB. Di sini, siswa akan menampilkan produk P5 unggulan dari masing-masing sekolah yang tersebar di seluruh Provinsi Kalimantan Barat.

"Dengan terselenggaranya Global Education Fair ini, diharapkan para siswa dapat lebih mudah mencari informasi mengenai perguruan tinggi yang diminati, baik di Indonesia maupun di luar negeri, serta termotivasi untuk mencapai prestasi akademik yang lebih tinggi," kata Rita.

 

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2024