Solok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok mengirimkan tim evakuasi ke lokasi bencana banjir bandang di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Solok Herman di Solok, Rabu, mengatakan bahwa BPBD Kota Solok telah mengirimkan personel untuk membantu proses evakuasi korban banjir bandang dan longsor di Kabupaten Tanah Datar.

Dalam bantuan evakuasi korban tersebut BPBD Kota Solok mengirimkan personel sebanyak 10 orang dengan rincian satu orang koordinator lapangan atas nama Doni Tanjung, satu orang sopir, dan delapan orang team rescue, serta satu unit mobil ranger termasuk satu unit sepeda motor trail dan peralatan penyelamatan lainnya.

Baca juga: Pemko Solok serahkan bantuan ke korban banjir bandang di Tanah Datar 

Herman juga menjelaskan bahwa tim BPBD Kota Solok melakukan evakuasi dan memberikan bantuan di lokasi bencana selama tiga hari.

"Kami berpesan segera bantu evakuasi di lapangan dan jaga kesehatan selama bertugas," katanya.

Selain itu, Pemkot Solok juga menyediakan dapur umum yang didirikan oleh Dinas Sosial Kota Solok beserta Tagana Kota Solok dalam menyediakan logistik baik untuk relawan maupun masyarakat yang terdampak bencana.

Baca juga: Baznas Bukittinggi salurkan bantuan ke korban banjir Agam-Tanah Datar

Pemkot Solok juga mengirimkan bantuan berupa beras 1 ton, 50 dus mi instan, dan uang tunai senilai Rp25 juta yang diterima oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Datar Iqbal Ramadi Payana.

Ia berharap bantuan yang telah diserahkan dapat meringankan beban para korban banjir lahar dingin di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Sebelumnya, Bupati Tanah Datar Eka Putra mengatakan bencana banjir bandang menerjang beberapa nagari di daerah itu. Banjir bandang dipicu intensitas hujan yang tinggi di hulu sungai.

Baca juga: Pemkab Tanah Datar terima bantuan kebencanaan dari BNPB

Menyikapi hal itu, Pemkab Tanah Datar telah menetapkan tanggap darurat bencana selama 14 hari terhitung sejak Minggu (12/5). Pemkab Tanah Datar juga mendirikan tenda posko bantuan di sekitar titik banjir.

“Mohon dukungan semua pihak agar kami diberikan kekuatan dan bisa segera bangkit dari musibah ini,” ucap Eka.
 

Pewarta: Rahmatul Laila
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024