Garut (ANTARA News) - Polisi Resor Garut, Jabar, menyiagakan pengamanan di sejumlah lokasi rawan bencana tanah longsor, dengan menyiapkan sejumlah personel selama Operasi Lilin Lodaya atau pengamanan Natal dan Tahun Baru.

"Selain melakukan pengamanan Natal dan Tahun Baru, kami juga siaga bencana karena longsor mulai terjadi di sejumlah titik," kata Kepala Polres Garut, AKBP Arif Rachman usai gelar pasukan operasi Lilin Lodaya 2013 di markas Polres setempat, Jumat.

Ia menuturkan bencana longsor telah memutuskan akses jalan yakni di kawasan jalur selatan provinsi, Kecamatan Cisewu yang menghubungkan Garut-Bandung.

Longsor di jalur selatan Garut itu, kata dia, masih mendapatkan pengamanan dari polisi.

"Kami juga mengimbau warga agar waspada terhadap bencana longsor pada akhir tahun ini," katanya.

Untuk mewujudkan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat pada libur perayaan Natal dan tahun baru, kata Arif, Polres Garut menyiapkan 700 personel, dibantu anggota TNI Kodim 0611 Garut, dan dinas terkait Pemerintah Kabupaten Garut.

Seluruh personel itu, kata dia, disiagakan di gereja dan rumah yang akan dijadikan tempat perayaan Natal, kemudian tempat wisata, jalan raya dan pusat keramaian masyarakat pada malam pergantian tahun.(*)

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2013