Ambon (ANTARA) - Polda Maluku melaksanakan Operasi Pekat Salawaku 2024 dalam rangka menciptakan situasi keamanan dan ketertiban lalu lintas oleh masyarakat yang aman sepanjang 2024.

"Dengan operasi ini, Polda Maluku dan jajarannya berkomitmen untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat, serta menindak tegas segala bentuk penyakit masyarakat yang meresahkan," kata Kabag Dalops Roops Polda Maluku AKBP Legawa Utama, di Ambon, Rabu.

Sebelum melaksanakan operasi, Polda Maluku juga telah memberikan pelatihan bagi personel yang akan bertugas dengan tujuan meningkatkan kemampuan personel dalam memberantas pelanggaran masyarakat.

Legawa berharap operasi ini juga dapat menciptakan situasi yang aman menjelang perayaan Hari Kebangkitan Nasional, Reformasi Nasional, dan Hari Raya Waisak 2568.

Untuk mencapai hasil maksimal dalam operasi ini, AKBP Legawa menginstruksikan beberapa langkah strategis. Seperti Satgas Preemtif melakukan deteksi dini dan identifikasi masalah pada sasaran orang, benda, lokasi, dan kegiatan. Juga melakukan survei dan pemantauan untuk mengidentifikasi pola-pola aktivitas ilegal.

Untuk Satgas Preventif, melakukan razia pada sasaran orang, benda, lokasi, dan kegiatan sesuai dengan protap Polri dan peraturan perundang-undangan.

Selain itu, mengoptimalkan pengawasan dan pengendalian personel di lapangan serta patroli di tempat-tempat yang dikenal sebagai pusat kegiatan penyakit masyarakat.

Sementara untuk Satgas Banops melaksanakan tugas dan perannya guna membantu menciptakan situasi yang aman dan kelancaran kegiatan operasi pekat salawaku 2024.

Operasi Pekat Salawaku Polda Maluku akan berlangsung selama 10 hari, sejak tanggal 15 hingga 25 Mei 2024.

 

Pewarta: Winda Herman
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2024