Lubuk Pakam (ANTARA) - Pemkab Deli Serdang, Sumatera Utara, mengingatkan calon haji asal daerah itu agar menjaga stamina, kesehatan, dan tetap memelihara kekompakan dan kebersamaan selama berada di tanah suci.

"Kebersamaan selama di tanah suci harus tetap dijaga dan semua tahapan-tahapan pelaksanaan haji harus dijalankan dengan sebaiknya agar menjadi haji mabrur," kata Pj Bupati Deli Serdang Wiriya Alrahman di Lubuk Pakam, Rabu, pada acara manasik haji dan tepung tawar 692 calom haji asal Deli Serdang.

Baca juga: Pesawat Garuda bawa jamaah haji kloter 5 lakukan "return to base"

Dalam kesempatan itu, ia juga meminta kepada kepada seluruh perangkat daerah khususnya camat, kepala desa maupun lurah dengan seluruh perangkatnya untuk menjaga rumah-rumah calon haji selama mengikuti pelaksanaan haji sampai pulang ke tanah air nantinya.

"Kami minta seluruh aparatur yang punya wilayah setiap hari dimonitor dan dipantau rumah-rumah calon jemaah haji jangan sampai ada terjadi sesuatu apapun," katanya.

Dalam kesempatan itu ia juga menyampaikan bahwa sebagai salah satu dari lima pondasi tegaknya agama Islam, pelaksanaan ibadah haji memang memiliki keistimewaan tersendiri. Menunaikan ibadah haji merupakan sesuatu yang dirindukan oleh setiap umat Islam bahkan telah menunaikan berkali-kali pun ingin menunaikan lagi.

Baca juga: JCH asal Maluku tidak lagi diinapkan di Makassar

"Ibadah haji ini tidak hanya merupakan ibadah spiritual tetapi juga ibadah pengujian mental dan kesabaran, karena saat melaksanakan ibadah haji tersebut setiap calon jamaah haji dituntut untuk sabar dalam mengikuti seluruh rangkaian pelaksanaan ibadah haji secara baik dan benar, dimulai dari proses pemberangkatan pelaksanaan rukun haji sehingga kembali ke tanah air dengan memperoleh haji mabrur," katanya.

Kabag Kesra Setdakab Deli Serdang  Syahrul mengatakan calon haji asal Deli Serdang pada 2024 sebanyak 692 orang, terdiri atas laki-laki 260 orang dan wanita sebanyak 431 orang yang akan berangkat ke tanah suci dengan Kloter 12 dan 14.

Kloter 12 sebanyak 360 orang masuk asrama haji pada 24 Mei dan berangkat dari Bandara Kualanamu pada 25 Mei 2024 pukul 18.00 WIB  ke Jeddah. Kloter 14 sebanyak 324 orang masuk asrama haji 27 Mei 2024 dan berangkat dari Bandara Kualanamu pada 28 Mei 2024.

Calon haji termuda atas nama Muhammad Habib Rizki, 19 tahun dari Kecamatan Percut Sei Tuan, sedangkan yang tertua Khaidir Muhammad Nur usia 84 tahun dari Kecamatan Percut Sei Tuan.

Baca juga: Jamaah calon haji diminta perhatikan alur kedatangan di bandara

Pewarta: Juraidi
Editor: Sambas
COPYRIGHT © ANTARA 2024