Beijing (ANTARA) - Zona percontohan kerja sama ekonomi dan teknologi China-Jerman di Beijing telah menarik lebih dari 100 perusahaan Jerman, mencapai skala industri tahunan sebesar 40 miliar yuan (1 yuan = Rp2.229) atau sekitar 5,53 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp16.131), menurut sebuah forum yang diadakan di Beijing.

China-Germany (China-Europe) Hidden Champions Forum 2024 resmi ditutup di Beijing pada Selasa (14/5), yang menjadi saksi tren pengembangan kolaboratif antara "juara tersembunyi" (hidden champion) China-Jerman (Eropa) dengan klaster-klaster usaha kecil dan menengah (UKM) yang inovatif.

"Juara tersembunyi" mengacu pada UKM yang sangat sukses, tapi kurang dikenal, yang menjadi pemimpin global dalam hal pangsa pasar di ceruk pasarnya masing-masing. Jerman kini memiliki sekitar 500 "juara tersembunyi".

Para peserta yang hadir dalam forum tersebut mengatakan bahwa mereka memandang kerja sama ekonomi dan teknologi China-Jerman sebagai contoh untuk kerja sama global.

Para perwakilan dari kawasan industri China-Jerman yang berlokasi di berbagai daerah di China seperti Beijing, Taicang, Qingdao, Wuhan, dan Hefei menandatangani sebuah inisiatif dalam forum tersebut, yang bertujuan untuk mengintegrasikan ekosistem kerja sama di berbagai daerah dan industri.

Dengan total investasi sebesar 5 miliar euro (1 euro = Rp17.398), zona percontohan kerja sama ekonomi dan teknologi China-Jerman di Beijing dinilai sebagai pintu gerbang yang sangat penting bagi kerja sama China-Jerman di Beijing.

Pewarta: Xinhua
Editor: Natisha Andarningtyas
COPYRIGHT © ANTARA 2024